Heikki Kovalainen Berikan Kabar Terkini Setelah Operasi Jantung

Penulis: Senja Hanan
Kamis 11 Apr 2024, 00:35 WIB
Heikki Kovalainen Berikan Kabar Terkini Setelah Operasi Jantung

Heikki Kovalainen Berikan Kabar Terkini Setelah Operasi Jantung

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Pemenang balapan F1 Heikki Kovalainen mengatakan operasi jantung terbuka yang dilakukannya baru-baru ini sukses dan berharap dia bisa pulih sepenuhnya.

Mantan pebalap Renault, McLaren, Caterham dan Lotus F1 baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia memerlukan operasi jantung terbuka setelah didiagnosis menderita aneurisma aorta asendens.

Heikki Kovalainen, 42 tahun, yang beralih ke aksi demonstrasi dalam beberapa tahun terakhir, memberikan kabar terbaru tentang pemulihannya setelah dioperasi di Amerika Serikat. “Saya didiagnosis menderita aneurisma aorta asendens pada akhir tahun lalu,” kata pemenang Grand Prix Hongaria 2008 itu dalam video media sosial.

“Itu adalah bagian dari aorta asendens yang telah melebar cukup besar. Ini jelas merupakan alasan mengapa saya tidak dapat ikut serta dalam aksi unjuk rasa atau aktivitas lainnya selama musim dingin. Selama beberapa bulan terakhir, saya telah mempertimbangkan, bersama tim dokter, pilihan-pilihan saya."

“Kami memutuskan untuk melakukan operasi. Saya dioperasi minggu lalu di Rumah Sakit Universitas Tampere, di unit jantung di sana. Tim dokter, perawat, dan asisten yang luar biasa merawat saya. Itu adalah operasi jantung terbuka, jadi saya mempunyai bekas luka selamanya di dada saya. Tapi operasinya berjalan dengan baik."

“Kami berhasil melakukan apa yang ingin kami lakukan. Kami memotong bagian aorta asendens yang sakit dan memasang cangkok buatan pada tempatnya. Semuanya berjalan baik. Ini jelas merupakan operasi besar. Beberapa hari setelah operasi saya merasa agak kasar, namun keadaan telah membaik sejak saat itu."

“Saya sebenarnya sudah kembali ke rumah dan sudah pulih. Prospeknya cukup bagus. Ada peluang untuk pulih sepenuhnya dan mendapatkan kembali kebugaran penuh, tapi tentu saja, hanya waktu yang akan membuktikan bagaimana semuanya akan berjalan. Sejauh ini estimasinya cukup bagus, jadi saya sangat senang," tambahnya

Artikel Tag: Heikki Kovalainen, f1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/heikki-kovalainen-berikan-kabar-terkini-setelah-operasi-jantung
1653  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini