GP Jepang Resmi Perpanjang Kontrak Hingga 2029

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 03 Feb 2024, 16:15 WIB
GP Jepang

GP Jepang 2023

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sirkuit Suzuka, tuan rumah GP Jepang, resmi memperpanjang kontrak dengan penyelenggara F1 sehingga bakal menyelanggaran balapan sampai musim 2029 mendatang.

Dunia F1 baru saja mendapat kabar gembira mengenai penyelanggaran GP Jepang yang bersejarah. Ini dikarenakan penyelanggara F1 memperbarui kontrak lima tahun dengan Sirkuit Suzuka.

Sebelum kesepakatan terjadi, seri ini berada dalam ketidakpastian setelah menjadi tuan rumah pada muism lalu. Kontrak anyar Sirkuit Suzuka sejatinya masih kalah dibanding dengan Sirkuit Albert Park (GP Australia, hingga 2035) dan Sirkuit Bahran (GP Bahrain, hingga 2036).

Kesepakatan F1 dengan promotor GP Jepang pun sekaligus mengurangi kemungkinan wacana balapan di jalan raya Osaka. Di sisi lain, pihak berwenang di Osaka telah mengutarakan niat mereka menjadi seri kedua di Negeri Sakura.

Sebagai informasi, GP Jepang 2024 akan dilangsungkan pada bulan April mendatang, berada di antara Australia dan Cina. Hal ini dilakukan supaya menghemat biaya pengiriman barang dan mengurangi emisi.

CEO F1, Stefano Domenicali, menyambut gembira kesepakatan baru antara pihaknya dengan Sirkuit Suzuka.

"Suzuka adalah sirkuit yang istimewa dan bagian dari sejarah olahraga ini. Jadi saya senang bahwa F1 akan terus membalap di sana hingga setidaknya pada 2029,” ucapnya, dikutip dari Motorsport.com.

"Saat kami bersiap untuk kembali ke Jepang lebih awal dari biasanya pada musim ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada promotor dan tim di Honda MobilityLand yang telah mendukung upaya kami untuk melakukan rasionalisasi kalender yang lebih besar karena kami ingin membuat olahraga ini lebih berkelanjutan,” ia menjelaskan.

"Para penggemar kami di Jepang merangkul F1 dengan semangat yang unik dan kami berharap dapat bekerja sama dengan promotor untuk memberikan pengalaman yang layak bagi para penggemar di tahun-tahun mendatang,” tutup pria asal Italia tersebut.

Artikel Tag: GP Jepang, sirkuit suzuka, F1 2024, F1 2029

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/gp-jepang-resmi-perpanjang-kontrak-hingga-2029
180  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini