FIA Denda Sebastian Vettel Gara-gara Tinggalkan Briefing Pebalap

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 10 Jul 2022, 17:35 WIB
Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sebastian Vettel dijatuhi denda 25 ribu euro atau sekitar Rp 381 juta karena meninggalkan briefing pebalap GP Austria pada Jumat (8/7) tanpa izin.

Setelah sesi Sprint Race GP Austria berakhir, Federasi Otomotif Internasional (FIA) memanggil Sebastian Vettel. Hal tersebut menyusul dugaan sang pebalap melanggar Kode Olahraga Internasional terkait perilaku dalam pengarahan (briefing) pebalap.

Untuk diketahui, ketegangan berkobar atas penerapan regulasi dan juga masalah kepemimpinan perlombaan saat ini, menyebabkan Vettel memilih meninggalkan pertemuan lebih cepat.

Setelah sidang pada hari Sabtu (9/7), FIA mengeluarkan buletin yang mengonfirmasi jika pria asal Jerman itu harus membayar denda 25 ribu euro atau setara Rp381,4 juta, yang ditangguhkan untuk sisa musim ini.

“Sang pebalap, Sebastian Vettel, meninggalkan briefing pebalap yang diadakan pukul 19.30 pada hari Jumat, 8 Juli, tanpa izin, dan menyatakan frustrasi terhadap pertemuan tersebut,” bunyi pernyataan dari FIA.

“Pebalap tidak bebas untuk pergi kapan pun mereka mau, ini melanggar persyaratan hadir. Para driver pada level tersebut adalah anutan bagi setiap pebalap di seluruh dunia dan menurut Steward, Vettel gagal memenuhi standar itu dalam kasus ini.”

“Selanjutnya Vettel bertemu dengan Race Director, yang memberitahukan Steward bahwa Vettel telah minta maaf tanpa syarat, dan selanjutnya, mereka melakukan percakapan sangat konstruktif, mencakup topik dalam pertemuan dan banyak hal lain.”

“Steward tetap memutuskan ada pelanggaran, yang tidak bisa tanpa penalti, tetapi berdasarkan laporan Race Director ada faktor-faktor yang meringankan. Oleh karena itu, Steward menjatuhkan denda 25 ribu euro, yang ditangguhkan selama sisa musim 2022, terkait pelanggaran Pasal 20.1 Peraturan Olahraga Formula 1 FIA atau Pasal 12.2.1 f) Kode Olahraga Internasional.”

Ini berarti Sebastian Vettel hanya wajib membayar denda jika dirinya kembali tak menghadiri briefing pebalap di balapan yang tersisa musim ini, atau melanggar pasal ISC yang menyatakan:

“Setiap kata, perbuatan atau tulisan yang telah menyebabkan cedera moral atau kerugian pada FIA, badan-badannya, anggota atau pejabat eksekutifnya, dan lebih umum lagi tentang kepentingan motorsport dan nilai-nilai yang dipertahankan FIA.”

Artikel Tag: Sebastian Vettel, aston martin, F1 2022, GP Austria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fia-denda-sebastian-vettel-gara-gara-tinggalkan-briefing-pebalap
669  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini