F1 Resmi Gelar 3 Sprint Race Lagi di Musim 2022

Penulis: Viggo Tristan
Selasa 15 Feb 2022, 06:40 WIB
F1 bakal gelar tiga sprint race pada musim 2022.

F1 resmi gelar 3 sprint race lagi di musim 2022. (Gambar: TrivDaily)

Ligaolahraga.com -

Berita F1 : Komisi Formula 1 akhirnya sepakat untuk menggelar 3 sprint race lagi di musim 2022 mendatang. Tiga sprint race tersebut bakal dihelat di GP Emilia Romagna, GP Austria, dan GP Sao Paulo.

Secara keseluruhan, pagelaran sprint race tidak berbeda jauh dari tahun lalu. Para pebalap berkesempatan untuk melakoni sesi latihan bebas dan kualifikasi yang dipersingkat. Nantinya, catatan waktu di sesi kualifikasi ini akan menentukan posisi start para pebalap di sprint race. Sprint race kemudian dihelat secara singkat dengan jarak kurang lebih 100 km. Urutan pemenang sprint race bakal menentukan posisi start di balapan sesungguhnya Hari Minggu.

Perbedaan utama yang paling menonjol adalah dari segi perolehan poin. Pada tahun lalu, hanya pebalap yang menembus posisi tiga besar yang diberikan poin. Mereka mendapatkan poin 3,2, dan 1 secara berurutan. Pada tahun ini, pebalap yang memenangi sprint race bakal dihadiahi 8 poin, peringkat kedua 7 poin, begitu seterusnya hingga peringkat delapan (hanya 1 poin). FIA sendiri menegaskan bahwa sistem baru ini sudah dipertimbangkan secara matang agar sprint race lebih menarik dari tahun sebelumnya.

"Setelah meninjau ulang tiga Sprint tahun 2021 lalu dan menilai format tersebut menguntungkan untuk F1, maka tiga Sprint Race akan kembali digelar pada 2022. Jumlah balapan Sprint Race pada 2022 itu masih relevan jika melihat tekanan yang dihadapi tim-tim pada musim depan seiring dengan perubahan besar pada regulasi. Komisi F1 dengan suara bulat menyetujui tiga Sprint Race ini untuk musim 2022, dengan sejumlah pembaruan format berdasarkan masukan dari penggemar, media, dan tim," bunyi pernyataan resmi dari FIA.

Artikel Tag: f1, FIA

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/f1-resmi-gelar-3-sprint-race-lagi-di-musim-2022
531  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini