Downforce Hilang, Lewis Hamilton Gagal Melesat di Hari Pertama GP Meksiko

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 07 Nov 2021, 00:20 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Lewis Hamilton gagal membukukan waktu tercepat di hari pertama GP Meksiko akibat kondisi trek Hermanos Rodriguez yang berpengaruh pada downforce mobil.

Meski Mercedes memimpin di sesi latihan bebas pertama GP Meksiko, pabrikan asal Jerman itu nyatanya sudah merasakan dampak elevasi tinggi Sirkuit Hermanos Rodriguez.

Di tahun-tahun sebelumnya, mereka mampu menaklukkan tantangan di lintasan tersebut dengan hasil memuaskan. Kali ini, The Silver Arrows mencoba untuk menerapkan strategi balap yang agresif disana.

Ternyata langkah tersebut hanya ampuh digunakan pada FP1. Valtteri Bottas menempati urutan pertama, diikuti Lewis Hamilton dan Max Verstappen.

Pada FP2, Verstappen justru melesat di depan Bottas dan Hamilton. Hamilton pun tak terima karena tertinggal 0,509 detik dari rival utamanya itu dan mengeluhkan kurangnya downforce mobil.

“Mobil terasa baik-baik saja. Kami tidak punya masalah besar dan saya kira, kami memberikan semua yang kami miliki,” ujar Hamilton dikutip dari Motorsport.com.

“Menurut saya, hanya mereka yang lebih kencang daripada kami saat ini. Kami tidak punya masalah nyata. Kami hanya berbuat sangat sedikit dengan set up dan hanya mencoba meningkatkan itu,” imbuhnya.

“Tapi, kami kehilangan downforce, yang mana mungkin menyebabkan kami terpaut hingga setengah detik di antara kami,” ia menjelaskan.

Keluhan mengenai penurunan kecepatan mobil juga dilontarkan oleh Bottas, apalagi jika dibandingkan dengan pace mobil Red Bull RB16B. Pebalap asal Finlandia itu mengaku kesulitan untuk melihat kondisi mobil pada awalnya.

“Memulai hari, dengan berjuang mengatasi grip rendah. Trek berdebut dan itu kenapa sulit membaca bagaimana kondisi mobil,” kata Bottas.

“Tapi, saya pikir tidak terlalu jauh dari yang seharusnya. Kami dapat memperbaikinya untuk P2. Tidak terasa buruk, tapi masih ada waktu yang perlu ditemukan karena Red Bull tampak cepat,” tambahnya.

Pebalap yang tahun depan akan pindah ke Alfa Romeo tersebut lantas menuntut Mercedes untuk segera mencari solusi demi menambah pace dan bisa mencegah Max Verstappen mencuri pole position. Sebab posisi saat start sangatlah menentukan hasil perlombaan karena kondisi trek Hermanos Rodriguez menyulitkan aksi salip menyalip.

“Mereka lebih cepat hari ini. Setidaknya, pada satu putaran, mereka punya pace sangat kuat dengan ban lunak. Kami perlu memperbaiki waktu kalau ingin berduel untuk pole,” tutup Bottas.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, F1 2021, Mercedes, gp meksiko

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/downforce-hilang-lewis-hamilton-gagal-melesat-di-hari-pertama-gp-meksiko
324  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini