Batas Anggaran Diubah, Bos Red Bull Khawatirkan Hal Ini  

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 26 Mei 2022, 12:20 WIB
Red Bull, Christian Horner

Christian Horner

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Red Bull Racing, Christian Horner, memprediksi beberapa tim Formula 1 akan melewatkan empat balapan terakhir karena perubahan batas anggaran.

Sejak musim lalu, Formula 1 telah menetapkan budget cap sebenar 145 juta dolar (sekitar Rp2,1 triliun). Jumlah tersebut kemudian diturunkan menjadi 140 juta dolar pada musim 2022, dan akan mengalami penurunan lagi tahun depan.

Beberapa tim mengaku kesulitan mengelola keuangan mereka dengan batasan anggaran tersebut, mengingat terdapat biaya perbaikan mobil yang cukup besar jika terjadi insiden kecelakaan.

Situasi diperburuk dengan masalah inflasi yang melanda seluruh dunia. Di samping itu, biaya transportasi meningkat hingga empat kali lipat akibat serangan yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Biaya produksi mobil juga meningkat, yang semuanya tak diperhitungkan saat menerapkan batas anggaran.

Bos Red Bull Racing, Christian Horner, berpendapat jika plafon anggaran tidak dinaikkan, setidaknya tujuh dari 10 tim yang berpartisipasi akan absen pada empat balapan terakhir.

“Tujuh tim mungkin harus melewatkan empat balapan terakhir untuk memenuhi batas anggaran,” kata Horner dikutip dari Motorsport.com.

“Ini bukan hanya situasi yang mempengaruhi tim besar. Bahkan,tim di di papan tengah benar-benar berjuang melawan inflasi,” imbuhnya.

“FIA perlu mengatasi masalah ini dan saya tahu mereka serius menyelidikinya. Tagihan energi, biaya hidup dan semua pengeluaran lainnya meningkat secara eksponensial dan F1 tidak terkecuali.”

"Biaya transportasi mengalami kenaikan empat kali lipat dan itu adalah sesuatu yang tidak pernah bisa kami kendalikan,” ia melanjutkan.

Pendapat Horner mendapatkan dukungan dari Ferrari, Mercedes dan McLaren, yang awalnya bersikeras untuk tak menaikkan batas anggaran. Tapi, melihat inflasi yang terjadi baru-baru ini, akhirnya mereka berubah pikiran.

Namun, Alfa Romeo, Alpine, Haas dan Williams menentang keputusan peningkatan batas anggaran dalam pertemuan Komisi F1.

“Kami menetapkan anggaran kami pada titik yang sangat awal dan sudah memperkirakan beberapa inflasi pada saat itu,” ujar bos Alpine, Otmar Szafnauer.

“Inflasi tidak terjadi begitu saja. Jika kami bisa melakukannya, yang lain juga bisa. Dalam hal itu, saya tidak mendukung peningkatan batas anggaran.”

“Ya kalau biaya transportasinya naik 2,5 juta atau 3,5 juta, dan Anda memiliki anggaran 20 juta untuk pengembangan kendaraan, Anda dapat menguranginya menjadi 17 juta dan tetap pada batasnya, agar tidak melebihi batas,” jelasnya.

“Dengan melakukan ini, Anda membatasi sumber daya pengembangan mobil Anda. Tetapi, ketika Anda punya uang, lebih mudah untuk melobi FIA untuk meningkatkan batas anggaran dan menjaga anggaran pengembangan tetap sama,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Red Bull, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/batas-anggaran-diubah-bos-red-bull-khawatirkan-hal-ini
608  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini