Alpine Bakal Tentukan Nasib Piastri dan Alonso di GP Inggris

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 17 Mei 2022, 03:10 WIB
Alpine, Oscar Piastri, Esteban Ocon, Fernando Alonso

Oscar Piastri, Esteban Ocon, dan Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Alpine harus segera membuat keputusan untuk musim depan, yakni memperpanjang kontrak Fernando Alonso atau memberikan kursi pebalap utama untuk Oscar Piastri.

Alpine telah memastikan bahwa mereka akan tetap mempertahankan Esteban Ocon, usai sang pebalap mendapat kontrak multi-tahunan. Namun, pabrikan asal Prancis itu belum memutuskan tandemannya untuk F1 2023.

Meski kontraknya selesai akhir musim nanti, Fernando Alonso menyatakan keinginan untuk terus melanjutkan karier di dunia jet darat. Ia mampu performa kuat meski sudah menginjak usia kepala empat.

Beberapa kali kampiun F1 dua kali itu memperlihatkan kecepatan solid, tetap dirinya kerap tertimpa nasib sial saat berusaha menembus zona poin. Yang terbaru, Alonso kehilangan P9 yang ia raih di GP Miami karena dijatuhi penalti.

Sementara itu, Oscar Piastri tengah menjalankan perannya sebagai pebalap cadangan Alpine. Pebalap asal Australia itu sudah mencuri perhatian para penggemar Formula 1 lewat kesuksesannya menyabet gelar juara F3 2020 dan F2 2021.

Melihat talenta serta berbagai prestasi mengesankannya, Alpine tentu saja harus membuat keputusan tentang bagaimana mengamankan sebuah kursi di salah satu tim untuk Piastri.

Jika memilih Fernando Alonso, maka opsi bagi Piastri adalah meminjamkannya kepada tim lain. Williams pun disebut-sebut kandidat terkuat.

Sang prinsipal Alpine, Otmar Szafnauer, kemudian memperkirakan bahwa timnya akan membuat keputusan pada pertengahan Juli mendatang.

"Kami belum memikirkan itu, karena ini masih terlalu dini. Tapi di sekitar Silverstone (GP Inggris), kami mungkin akan membicarakannya,” ucapnya dilansir dari Motorsport.com.

Di tengah kesulitan yang dialami Nicholas Latifi dalam mengimbangi tandeman barunya, Alex Albon, muncul spekulasi bahwa Oscar Piastri dapat dipinjamkan ke Williams sebelum berakhirnya kejuaraan musim 2022.

Szafnauer pun mengatakan bahwa pihaknya terus berusaha agar Piastri mendapat lebih banyak pengalaman di trek.

“Saya belum mempertimbangkan itu secara mendalam,” ucapnya.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi di Williams, tapi saya sudah mendengar rumornya.”

“Dulu, ketika McLaren datang kepada kami dan berkata, 'Hei, bisakah kami menggunakan dia (Piastri) sebagai pebalap cadangan?', kami menjawab ya.”

“Alasannya adalah, makin banyak waktu yang dia dapatkan (di dalam mobil F1) ketimbang duduk di luar itu makin bagus.”

“Jadi, kami akan memikirkannya secara strategis. Namun, sejauh apa yang terjadi di Williams, saya tidak tahu,” tutup Szafnauer.

Artikel Tag: Alpine, Oscar Piastri, Fernando Alonso

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/alpine-bakal-tentukan-nasib-piastri-dan-alonso-di-gp-inggris
653  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini