AlphaTauri Bakal Pertahankan Tsunoda dan Gasly untuk Musim 2022

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 31 Jul 2021, 23:55 WIB
AlphaTauri, Yuki Tsunoda, Pierre Gasly

Yuki Tsunoda dan Pierre Gasly

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos AlphaTauri mengaku tak berencana untuk mengubah komposisi pebalapnya pada musim depan meski performa yang ditunjukkan Yuki Tsunoda musim ini belum stabil.

Sebagai seorang pebalap debutan, performa yang ditunjukkan oleh Yuki Tsunoda musim ini memang masih kurang stabil. Terakhir, mobil AT02 geberannya mengalami selip dan menghantam pembatas lintasan Sirkuit Hungaroring pada sesi latihan bebas pertama GP Hungaria, Jumat (30/7).

Hingga 10 seri balapan berlalu, pebalap asal Jepang itu baru mengumpulkan 10 poin dan hanya berada di peringkat ke-14 klasemen sementara. Ia terpaut hingga 29 poin dari rekan setimnya, Pierre Gasly, yang menempati urutan kesembilan.

Kendati demikian, Bos AlphaTauri, Franz Tost secara terbuka menyatakan bahwa timnya ingin mempertahankan Tsunoda untuk Kejuaraan F1 2022. Keputusan soal masa depan pebalap berusia 21 tahun itu sendiri memang mutlak di tangan Red Bull selaku induk dari AlphaTauri.

Tetapi, Tost sudah memberikan pernyataan jelas soal komposisi pebalap timnya, terutama untuk Tsunoda.

“Saya berharap kami bisa terus bekerja sama dengan Pierre dan Yuki tahun depan. Saat ini, saya tidak melihat alternatif pengganti Yuki,” ucap Tost dikutip dari Motorsport.com.

Salah satu faktor yang membuat dirinya masih menoleransi kekurangan Tsunoda adalah ia mampu cepat beradaptasi dengan berbagai sirkuit F1.

“Ia juga tahu soal trek-trek di F1. Anda harus tahu bahwa Yuki belum tahu sebagian besar sirkuit untuk paruh kedua F1 2021 ini,” ungkapnya. 

“Jika di Eropa ia sudah tahu banyak trek dari pengalamannya di Formula 2 dan Formula 3, kondisinya akan berbeda di Amerika Serikat, Meksiko, atau Brasil. Ia belum pernah turun di sana. Jadi, jangan remehkan kemampuannya,” Ia menambahkan.

Yuki Tsunoda juga mengalami kesulitan saat mengaspal di GP Inggris dua pekan lalu, utamanya di balapan Sprint Race yang memang baru kali pertama diadakan. Sebelum sesi tersebut digelar, memang hanya ada satu sesi latihan bebas dan hal itu tentu saja menyulitkan bagi seorang pebalap rookie seperti Tsunoda.

“Jadi, Anda tidak perlu terkejut jika ia tidak berada di 10 besar (Sprint Race). Menargetkan itu kepadanya jelas tidak realistis,” tutur Tost.

Tost pun memaklumi kesalahan yang dilakukan Tsunoda di Tikungan 4 Sirkuit Hungaroring saat sesi latihan bebas pertama. Ia yakin kejadian tersebut takkan terulang lagi.

Mengacu dari faktor-faktor itulah, dirinya tak memiliki alasan untuk mengubah susunan pebalapnya untuk musim depan.

“Saya juga tidak melihat alternatif (pebalap lain) juga. Pierre sudah melakukan pekerjaan fantastis dan Yuki juga mampu melakukan tugas bagus kendati debutan. Yuki tinggal butuh pengalaman dan banyak belajar. Itu lumrah untuk pebalap baru,” tukasnya.

Artikel Tag: AlphaTauri, F1 2021, Yuki Tsunoda, Pierre Gasly

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/alphatauri-bakal-pertahankan-tsunoda-dan-gasly-untuk-musim-2022
650  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini