Sandiaga Uno Antusias dengan Perkembangan Esports Indonesia

Penulis: Rei Darius
Kamis 28 Okt 2021, 17:30 WIB
Sandiaga Uno

Sandiaga Uno sambut baik perkembangan esports di Indonesia

Ligaolahraga.com -

Berita Esports: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, nampak antusias menyambut perkembangan industri kreatif di bidang game Indonesia, yaitu esports, yang telah mendapatkan perhatian lebih akibat pandemi.

Data dari Sensor Tower menempatkan Indonesia di urutan ketiga, hanya kalah dari India dan Brasil, dalam hal jumlah unduhan aplikasi game di App Store dan Google Play. Perkembangan dunia game online di Indonesia memang telah menjadi industri baru, yang disambut baik oleh Sandiaga Uno.

“Esports itu seperti pandemic winner, karena di tengah-tengah pandemi dan tantangan ekonomi, esports menjadi salah satu yang menunjukkan tren kenaikan positif dengan pertumbuhan 4,47%, tertinggi kedua setelah subsektor televisi dan radio,” kata Sandiaga dalam diskusi panel online perihal industri game dan esports Indonesia, yang juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Sekarang esports sedang lucu-lucunya, berkembang baik dari segi penonton, pemain maupun pengembangannya, terlihat dari pasar global mendapatkan 1,6 triliun dolar pada tahun 2020, dan paling hebatnya Indonesia mempunya 60 juta gamer yang menunjukkan pertumbuhan sehat.”

Sebagai catatan, sebagai regulator dan pembina PB Esports, Sandiaga juga berperan dalam keberhasilan membawa esports sebagai salah satu cabang yang dilombakan secara eksibisi di PON XX Papua lalu.

Antusiasme terhadap perkembangan cabor elektronik ini juga disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Fenomena digital ini luar biasa, tidak hanya mendapati ekonomi dan pendidikan, akan tetapi juga olahraga dan hobi, bahkan hampir 1,1 miliar dollar di tahun 2019, telah menjadi sumber pendapatan bagi industri esports di Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Game yang terpopuler di Indonesia pada saat ini sendiri adalah PUBG Mobile. Selama tiga tahun terakhir, berbagai kompetisi telah digelar yang melibatkan para pemain dari game ini, sekaligus menciptakan lapangan kerja di industri kreatif.

Bukan sekadar mengenyam karier sebagai pro player, melainkan juga memberi keuntungan bagi mereka yang memandu acara atau analis pertandingan, tak terkecuali pula Event Organizer (EO) yang memungkinkan kompetisi untuk digelar.

Artikel Tag: sandiaga uno, Esports, PUBG Mobile

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/esports/sandiaga-uno-antusias-dengan-perkembangan-esports-indonesia
451  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini