Van Gaal Sebut MU Dipimpin Orang yang Tak Tahu Sepakbola

Penulis: Demos Why
Selasa 04 Jun 2019, 08:38 WIB
Van Gaal Sebut MU Dipimpin Orang yang Tak Tahu Sepakbola

Louis van Gaal (Foto: Visionhaus/GP/Getty Images)

Berita Liga Inggris: Mantan manajer Manchester United, Louis van Gaal, kembali melontarkan kritikan yang sangat pedas bagi jajaran direksi The Red Devils. Jika dibandingkan dengan Bayern Munchen, MU dinilai Van Gaal dijalankan oleh sosok yang sama sekali tak mengerti sepakbola.

Van Gaal sendiri sempat menjadi manajer Manchester United pada 2014 hingga 2016. Kala itu pelatih asal Belanda tersebut gagal mempersembahkan trofi Premier League yang berujung pada pemecatan dirinya pada musim panas 2016 silam dan posisinya diganti oleh Jose Mourinho.

Belakangan, Van Gaal melontarkan kritikan pedas bagi kepemimpinan CEO Man United, Ed Woodward, yang disebutnya sebagai sosok yang sama sekali tak mengerti terkait dunia sepakbola. Van Gaal lantas membandingkannya dengan struktur organisasi yang dimiliki oleh Bayern Munchen.

"Di Bayern, orang-orang yang memimpin merupakan lelaki berjiwa sepak bola. Saya selalu mengapresiasinya. Di Manchester United, sebaliknya, Ed Woodward sudah terdidik sebagai CEO - seseorang dengan nol pemahaman akan sepak bola, sebelumnya pegawai investasi bank," ujar Van Gaal dilansir dari Calciomercato.

"Ketika klub dijalani dari perspektif dorongan-komersil maka itu tidak akan jadi hal baik. Saya tidak dendam dengan klub. Mereka ingin Mourinho dan dia ada di bursa transfer. Tapi, menunjuk Mourinho sudah jelas lebih menarik dari sudut pandang bisnis," pungkasnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa Woodward memang telah menjadikan MU stabil secara finansial dengan mengeruk keuntungan yang sangat besar tiap tahunnya. Namun pendukung setia Setan Merah mulai jengah lantaran para pemain MU dianggap tak lagi mementingkan prestasi di atas lapangan hijau dan lebih sibuk beriklan dengan mengangkat brand masing-masing.

Artikel Tag: Louis Van Gaal, Ed Woodward, Manchester United

655  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini