Timnas Jerman Berulah, Tetap Nekat Dukung LGBT di Piala Dunia 2022

Penulis: Febrian Kusuma
Kamis 24 Nov 2022, 04:30 WIB
Timnas Jerman

Timnas Jerman Tutup Mulut di Sesi Pemotretan Jelang Kick Off vs Jepang (Sumber: GettyImages)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: FIFA selaku federasi sepakbola dunia sudah melarang negara peserta atau pun suporter untuk mengkampanyekan dukungan terhadap LGBT, sesuai dengan apa yang sudah diserukan oleh pemerintah Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022. Meski demikian, Timnas Jerman yang sangat menjunjung tinggi kebebasan tetap bersikeras untuk mendukung kampanye LGBT.

Pada pertandingan pembuka Grup E saat Timnas Jerman melawan Jepang di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11) malam WIB, kapten Manuel Neuer terlihat secara sembunyi-bunyi tetap mengenakan ban kapten bertuliskan ‘One Love’ sebagai bentuk dukungan terhadap kaum LGBT. Ia menyelipkan ban kaptennya tersebut di bawah lengan baju. Wasit yang mengetahui hal itu langsung meminta Neuer untuk melepas ban kapten tersebut, sesuai dengan anjuran FIFA sebelumnya.

Di sisi lain, sebelum laga dimulai para pemain Timnas Jerman juga melakukan aksi tutup mulut saat menjalani sesi pemotretan bersama sebagai bentuk protes. Para pemain Der Panzer menganggap bahwa larangan mengkampanyekan dukungan terhadap kaum LGBT pada Piala Dunia 2022 adalah bentuk pembungkaman dalam hal kebebasan berekspresi.

“Ini bukan tentang membuat pernyataan politik, hak asasi manusia tidak dapat dinegosiasikan. Kebebasan itu harus diterima. Itu sebabnya pesan ini sangat penting bagi kami. Menolak ban kapten kami sama dengan menolak kami untuk bersuara. Kami berdiri di posisi kami,” tulis pernyataan DFB.

Tak hanya itu, Nancy Faeser selaku Menteri Dalam Negeri dan Komunitas Federal Jerman juga terlihat mengenakan ban lengan ‘OneLove’ di tribun suporter.

Artikel Tag: Timnas Jerman, Piala Dunia 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/timnas-jerman-berulah-tetap-nekat-dukung-lgbt-di-piala-dunia-2022
971  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini