Piala AFF Penting Atau Tidak? Ini Pandangan Shin Tae-yong

Penulis: Dayat Huri
Rabu 29 Mei 2024, 05:15 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan tanggapannya terkait penting atau tidaknya turnamen Piala AFF. Menurut dia, yang terpenting adalah memastikan sepak bola Tanah Air terus bergerak ke level lebih tinggi.

Berdasarkan hasil drawing Piala AFF 2024, timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Filipina, Myanmar, dan Laos.

"Untuk drawing AFF kita satu grup dengan Vietnam, saya juga berpikir kalau Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia merupakan tim yang berpotensi lolos ke empat besar. Untuk itu saya akan semaksimal mungkin dalam persiapannya. Grup kita bagus, jadi tidak ada beban," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari laman Antara.

Selama melatih timnas Indonesia sejak 2019, dia memang belum pernah membawa tim Garuda berjaya di level Asia Tenggara. Prestasi terbaik pelatih asal Korea Selatan itu adalah menduduki posisi kedua pada Piala AFF 2020.

"Jujur tidak tahu (seberapa penting Piala AFF), tapi yang pasti AFC lebih besar dari AFF. Saya mohon kepada semua pihak jangan terkurung hanya di Piala AFF saja tapi ya kita majukan diri kita, lebih majukan diri supaya kita bisa melihat yang lebih besar seperti AFC atau FIFA," tegasnya.

Selain Piala AFF 2024 yang baru akan dimainkan pada akhir tahun, Shin Tae-yong juga masih mengurus skuat Garuda untuk putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini, skuat Garuda berpeluang lolos ke putaran ketiga yang akan mulai bergulir pada 5 September. Sementara itu, Piala AFF 2024 akan dimainkan mulai 23 November sampai 21 Desember.

Dengan jeda waktu yang singkat antara kedua turnamen itu, terdapat peluang untuk membentuk dua tim nasional. Namun untuk saat ini, Shin Tae-yong belu memikirkannya.

"Untuk masalah bentuk dua tim atau tetap seperti ini, ya mungkin harus diskusi dulu dengan Pak Erick, Ketua Umum PSSI saat ini. Jadi kita diskusi dulu baru akan diumumkan bagaimana," pungkasnya.

Artikel Tag: Piala AFF, timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, Piala Dunia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/piala-aff-penting-atau-tidak-ini-pandangan-shin-tae-yong
319  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini