Pep Guardiola: Pemain Sepak Bola Bukan Mesin!

Penulis: Demos Why
Minggu 27 Sep 2020, 07:32 WIB
Pep Guardiola saat memimpin Man City di laga kontra Wolverhampton Wanderers.

Pep Guardiola (Foto: Marc Atkins)

Berita Liga Inggris: Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengomentari terkait banyaknya pemain The Cityzens yang cedera akibat padatnya jadwal pertandingan. Meski tak mau membahas terlalu banyak membahas hal itu, namun sang manajer mengingatkan semua pihak yang bertanggung jawab untuk mengatur jadwal pertandingan bahwa pemain sepakbola bukanlah mesin.

Sejak pandemi virus corona mulai meluas di benua Eropa, semua kompetisi di sana merasakan dampak negatif yang cukup besar tak terkecuali Premier League. Akibat covid-19, pendapatan semua klub mulai menurun akibat tak diperbolehkannya penonton menyaksikan pertandingan sepakbola di dalam stadion. Belum lagi jadwal kompetisi yang molor serta terlalu dekatnya jarak antara satu pertandingan dengan pertandingan lainnya sehingga mengakibatkan para pemain kelelahan serta rentan dibekap cedera.

Kondisi tersebut nyatanya juga terjadi di Manchester City. Saat ini paling tidak ada tiga pemain yakni Bernardo Silva, Joao Cancelo dan Oleks Zinchenko yang cedera setelah menjalankan kewajibannya tampil bersama timnas negara masing-masing. Hal itu lantas membuat Pep Guardiola angkat suara untuk memberikan komentar. Meski sang manajer tak mau terlalu banyak membahas hal itu, namun dia mengingatkan semua pihak yang bertanggung jawab untuk mengatur jadwal pertandingan bahwa para pemain sepakbola bukanlah mesin.

"Sebaiknya jangan terlalu memikirkan hal ini. Kami memiliki tiga pemain yang kembali dari tim nasional dalam kondisi cedera sehingga kami tidak bisa mengendalikan kondisi seperti ini," ujar Pep Guardiola dilansir dari laman resmi Manchester City.

"Mereka bermain dua kali dalam tiga atau empat hari, namun mereka bukanlah mesin. Kami menuntut terlalu banyak namun terkadang lupa otot-otot mereka juga akan lelah."

"Semoga saja, cepat atau lambat, selangkah demi selangkah, minggu demi minggu, mereka akan kembali."

"Federasi nasional dituntut untuk memainkan pertandingan di kualifikasi kejuaran Eropa juga Piala Dunia. FIFA dan UEFA memiliki tanggung jawab untuk mengatur turnamen mereka sendiri dan mereka membutuhkan para pemain."

"Kini semua orang menghadapi kondisi yang luar biasa karena pandemi. Semua orang memahami situasi ini."

"Mereka bermain selama 11 bulan dan menunjukkan permainan yang luar biasa dan kami hanya memberikan mereka dua atau tiga minggu untuk beristirahat dan kemudian kembali untuk menghadapi musim berikutnya."

"Kini semuanya benar-benar berbeda. Kami tidak bisa mengubah apapun meski mengatakan hal sebaliknya. Sekarang merupakan kondisi yang luar biasa dan itu terjadi juga di sektor lainnya seperti bioskop, restoran, teater, museum, toko, di mana semuanya juga sedang berjuang."

"Bagi kami saat ini adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk pertandingan selanjutnya. Kami akan melakukan apa yang harus dilakukan dan mencoba untuk menunjukkan permainan yang bagus."

"Jadi, kami tak memiliki pilihan lain kecuali menjalani semua ini serta membantu para pemain kembali dalam kondisi yang sempurna serta memenangkan pertandingan demi pertandingan," pungkasnya.

Artikel Tag: Pep Guardiola, Manchester City

713  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini