Pelatih Persis Antisipasi Permainan Kolektif Persib Bandung

Penulis: M. Aldi
Minggu 18 Des 2022, 02:30 WIB
Pemain Persis ketika berfoto jelang laga (foto: laman resmi Persis)

Pemain Persis ketika berfoto jelang laga (foto: laman resmi Persis)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Pemulihan stamina pemain jadi fokus perhatian Persis Solo jelang laga melawan Persib. Leonardo Medina selaku pelatih kepala menyebut pemainnya kelelahan usai memainkan tiga laga dalam jeda waktu yang singkat.

Kompetisi dengan sistem bubble ini digelar dalam jadwal yang padat. Hal itu menjadi tantangan bagi pelatih untuk bisa membuat permainan tim tetap konsisten meski kondisi pemain tidak ideal karena kelelahan.

"Kami sudah bersiap dan melakukan recovery karena itu sangat penting. Kami harus banyak bermain hanya dalam waktu beberapa hari saja. Kami sudah memainkan tiga pertandingan, jadi poin penting dari tim kami adalah bagaimana melakukan recovery dan menyiapkan pengganti mereka oleh pemain yang kurang menit bermain," ujar Leonardo dalam jumpa pers jelang laga.

Mantan asisten pelatih Johor Darul Takzim ini juga sudah memonitor permainan calon lawannya. Menurutnya performa Maung Bandung sedang menanjak sejak dinahkodai oleh Luis Milla. Menurutnya cara bermain Nick Kuipers dan kawan-kawan menjadi lebih tersusun dengan rapi.

"Kami sudah bersiap dan memantau kemampuan tim yang akan dihadapi. Persib adalah tim yang sangat terorganisir dan diatur dengan sangat baik, karena mereka ditangani oleh pelatih yang sangat bagus dan memiliki banyak pengalaman. Mereka juga punya pemain yang bagus," lanjut Leonardo Medina.

Maung Bandung sendiri datang dengan catatan belum kalah dalam enam laga terakhir dan strikernya, David da Silva sedang on fire. Sang pemain selalu mencetak gol dalam beberapa laga terakhir dan sementara menjadi top skorer sementara di liga. Tapi bukan sosok David da Silva saja yang jadi perhatian Leonardo Medina.

"Dia adalah pemain yang sangat bagus, dia cepat dan para pemain lainnya juga sama berkualitasnya. Jadi saya tidak terlalu banyak menaruh perhatian kepada pemain lawan karena bagi saya yang terpenting adalah permainan secara kolektif," kata dia.

Menurutnya kolektivitas permainan lawan yang harus lebih diwaspadai. Karena pemain lain juga tetap punya potensi bahaya seperti Ciro Alves dan Beckham Putra Nugraha. Ia meminta pemain Persis untuk tidak lengah dan fokus pada pergerakan David seorang.

"Tentu saja mereka memiliki pemain yang sangat bagus, mereka punya pemain asing yang bagus dan striker yang bagus. Tetapi hal yang terpenting bagi saya itu bukan bagaimana permainan individual mereka. Tapi bagi saya, yang terpenting bagaimana permainan kolektif mereka dan bagaimana mengembangkan permainan dari tim saya di laga nanti," kata dia.

"Yang terpenting bagi saya permainan kolektif dan Persib itu adalah tim yang bagus. Tapi kami juga tim yang bagus, menurut saya yang terpenting pemain kami bermain dengan baik dan saya sangat fokus pada pemain Persis," pungkas dia.

Artikel Tag: Persis, Persib, leonardo medina

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pelatih-persis-antisipasi-permainan-kolektif-persib-bandung
577  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini