Middlesbrough Singkirkan MU Lewat Adu Penalti

Penulis: Stefanus Toni
Kamis 29 Okt 2015, 06:31 WIB
Middlesbrough Singkirkan MU Lewat Adu Penalti

MU bermain lebih dominan, hanya tidak beruntung memanfaatkan peluang.

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Manchester United gagal melaju ke perempat-final Piala Liga Inggris gara-gara takluk dari Middlesbrough melalui adu penalti, setelah kedua tim main imbang tanpa gol selama waktu normal dan tambahan waktu 2x15 menit.

 

Wayne Rooney, Michael Carrick dan Ashley Young gagal mengeksekusi penalti Setan Merah, sementara David Nugent satu-satunya pemain yang tak mampu mencetak poin untuk Middlesbrough, sekaligus meloloskan tim Championship ke babak berikutnya.

 

Babak pertama 

 

Manchester United lebih banyak menguasai bola di menit awal pertandingan, namun mereka belum mampu menciptakan peluang emas. Lini belakang Middlesbrough cukup solid untuk menahan permainan United sehingga mereka kesulitan memasuki area penalti.

 

Di menit ke-17, justru Boro yang berpeluang unggul lebih dulu. Sebuah tendangan sudut didapat tim tamu dan sempat terjadi kemelut di depan gawang Setan Merah, tapi Romero masih mampu mempertahankan gawangnya.

Skuat Louis van Gaal terus berusaha menembus lini belakang Boro demi memecah kebuntuan, namun upaya mereka kerap menemui jalan buntu. Lima menit jelang turun minum, Friend melakukan blok gemilang untuk membuat kedudukan tetap 0-0. Berawal dari corner Depay, Fellaini berusaha menjaringkan bola ke pojok gawang setelah menerima umpan Pereira, sayang tendangan voli pemain Belgia dimentahkan Friend.

 

Boro tak tinggal diam. Mereka balik mengancam United melalui serangan balik cepat danDowning sukses luput dari penjagaan United. Sayang, tendangan keras dengan kaki kiri yang diarahkan ke gawang masih dapat diamankan Bravo. Kedudukan imbang tanpa gol pun bertahan hingga jeda.

 

Babak kedua

 

United langsung menyerang untuk mencetak gol cepat di awal babak kedua. Depay berpotensi membawa Setan Merah unggul setelah Rooney berhasil mencuri bola, tapi usahanya belum membuahkan hasil.

 

Saat asik menyerang, United lengah menjaga lini belakang. Akibatnya, mereka sempat mendapat ancaman dari Boro saat Kike berhasil melewati Smalling dan nyaris berhadapan dengan Romero, tapi Carrick datang tepat waktu untuk melakukan tekel.

 

United nyaris kebobolan di menit 65, saat Romero tidak melakukan clearance dengan sempurna, beruntung Kike gagal memaksimalkan peluangnya di depan gawang. Setan Merah kemudian meminta penalti setelah umpan silang Darmian tampak menyentuh tangan Ayala di kotak terlarang, tapi Boro lolos dari hukuman.

 

Menjelang berakhirnya laga, Romero membuat dua penyelamatan gemilang untuk menggagalkan peluang Leadbitter dan Kike. Laga pun harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu karena tak ada yang mampu memecah kebuntuan hingga waktu reguler berakhir.

 

Babak perpanjangan waktu

 

Meski kedua tim menciptakan banyak peluang dalam 2x15 menit masa perpanjangan waktu, tak satu pun yang berhasil menjebol gawang lawan. Penentu kemenangan pun dilakukan dengan adu penalti.

 

Dari United, hanya Andreas Pereira yang berhasil mengeksekusi penalti, sementara Rooney, Michael Carrick dan Ashley Young gagal. Sebaliknya, tiga eksekutor Middlesbrough atas nama Grant Leadbitter, Stewart Downing dan Ben Gibson sukses menjebol gawang Romero dengan hanya satu kegagalan dari David Nugent.

 

Susunan pemain

 

Manchester United: Romero; Darmian, Smalling, Blind, Rojo; Carrick, Fellaini, Pereira; Lingard, Wilson, Depay

 

Cadangan: De Gea, Young, Schweinsteiger, Herrera, Mata, Martial, Rooney

 

Middlesbrough: Mejias; Kalas, Ayala, Gibson, Friend; Nsue, Leadbitter, Stephens, Downing; De Pena, Kike.

 

Cadangan: Dimi, Amorebieta, Clayton, Fabbrini, Jackson, Nugent, Zuculini

 

Artikel Tag: Middlesbrough, Manchester United, Leagu Cup

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/middlesbrough-singkirkan-mu-lewat-adu-penalti
486  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini