Masuk ke Lapangan dan Ganggu Pertandingan, Kini Bisa Jadi Tindakan Pidana

Penulis: Depe Ptr
Jumat 29 Des 2023, 14:19 WIB
Masuk ke Lapangan dan Ganggu Pertandingan, Kini Bisa Jadi Tindakan Pidana

Orang masuk ke dalam lapangan via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Anggota parlemen Inggris menyerukan pemberlakuan tindakan pidana baru bagi orang yang mengganggu pertandingan sepak bola secara tidak sah, ditambah kolaborasi yang lebih baik antara Inggris dan polisi luar negeri untuk meningkatkan keselamatan pada acara olahraga di dalam dan luar Inggris.

Laporan Komite Kebudayaan, Media dan Olahraga "Keamanan di acara olahraga besar" yang dirilis pada hari Jumat (29/12) dibuat setelah penyelidikannya terhadap keselamatan penggemar selama final Euro 2020 di Wembley dan kekacauan yang melibatkan pendukung Liverpool di final Liga Champions 2022.

"Para penggemar yang berbondong-bondong menyaksikan pertandingan pada saat-saat seperti ini harus dapat menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman di lapangan olahraga yang aman, lingkungan inklusif dan ramah," kata ketua panitia Caroline Dinenage.

"Sedihnya, meningkatnya kekacauan di sepak bola pasca pandemi dan bencana yang terjadi di Wembley dan Paris menunjukkan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan waktu yang aman bagi semua orang."

Laporan tersebut mengatakan perlakuan pemerintah Prancis terhadap fans Liverpool di final Liga Champions adalah "memalukan", dan sikap pasukan polisi asing terhadap fans sepak bola Inggris berkontribusi besar terhadap kekacauan tersebut.

Dinenage juga mengatakan masuk tanpa izin ke dalam lapangan merupakan masalah yang semakin meningkat pada pertandingan penting dan membahayakan keselamatan karena kepadatan yang berlebihan, sehingga bisa masuk dalam kategori tindakan pidana.

"Mereka yang terlibat harus tahu bahwa mereka akan menghadapi konsekuensinya dan Pemerintah harus mendukung undang-undang untuk memastikan hal tersebut dapat dilarang," katanya.

Artikel Tag: Inggris, Premier League, Liverpool

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/masuk-ke-lapangan-dan-ganggu-pertandingan-kini-bisa-jadi-tindakan-pidana
296  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini