Ketimbang Xhaka, Arsenal Lebih Baik Mainkan Saka sebagai Bek Kiri

Penulis: Fery Andriyansyah
Minggu 02 Mei 2021, 07:00 WIB
Granit Xhaka bermain sebagai bek kiri untuk lima pertandingan terakhir Arsenal

Granit Xhaka bermain sebagai bek kiri untuk lima pertandingan terakhir Arsenal. (Foto: David S. Bustamante/Soccrates)

Berita Liga Inggris: Martin Keown merasa kasihan pada Granit Xhaka yang dipaksa bermain sebagai bek kiri dalam beberapa pertandingan terakhir Arsenal, dan meminta manajer Mikel Arteta untuk memainkan Bukayo Saka di posisi tersebut.

Karena Kieran Tierney mengalami cedera lutut pada awal April, Xhaka - berposisi asli sebagai gelandang - dipaksa bermain sebagai bek kiri untuk lima pertandingan terakhir The Gunners.

Xhaka tampil gemilang untuk dua pertandingan awal tersebut, membantu Arsenal mencatatkan clean sheet dalam kemenangan atas Sheffield United dan Slavia Praha. Namun, dia dieksploitasi oleh pemain depan Fulham, Everton, dan Villarreal setelah itu.

Arsenal mendapat dorongan mengenai kebugaran Tierney, tetapi jika dia belum cukup fit untuk pertandingan Premier League melawan Newcastle United pada Ahad (2/5) malam pukul 20.00 WIB, Xhaka mungkin terpaksa bermain sebagai bek kiri lagi dan harus berhadapan dengan Allan Saint-Maximin.

Dan jika Tierney masih belum bisa memperkuat The Gunners untuk pertandingan leg kedua semifinal Liga Europa melawan Villarreal tengah pekan depan, Keown meminta Arteta untuk memainkan Bukayo Saka sebagai bek kiri dan mengembalikan Xhaka ke lini tengah.

"Masalah utama lainnya, yang mungkin akan disorot saat melawan Newcastle besok, adalah di posisi bek kiri," kata mantan bek Arsenal itu kepada Daily Mail. "Granit Xhaka tidak pantas disalahkan. Saya tahu apa yang dia rasakan. Dia adalah seorang gelandang yang diperintahkan untuk bermain sebagai bek kiri oleh manajernya saat Kieran Tierney absen.

"Xhaka bermain bagus di sana melawan Sheffield United, dan Arsenal membuat clean sheet pertama mereka untuk 13 pertandingan. Tapi sejak itu dia diekspos oleh lawan yang lebih berkualitas, seperti Richarlison dari Everton dan Samuel Chukwueze dari Villarreal. Dia sekarang bisa menghadapi Allan Saint-Maximin yang sedang naik daun dari Newcastle.

"Jika Tierney fit, dia masuk ke tim untuk pertandingan leg kedua [semifinal Liga Europa]. Jika tidak, Saka harus bermain sebagai bek kiri, posisi di mana dia telah bermain bagus untuk klub dan negara.

"Jika Arteta bertahan dengan formasi 4-2-3-1, Xhaka kemudian dapat kembali bersama Thomas Partey di lini tengah, posisi di mana dia telah jauh lebih baik musim ini."

Artikel Tag: Arsenal, Granit Xhaka, Bukayo Saka, martin keown

663  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini