Jokowi Mengaku Telah Menelepon Presiden FIFA Terkait Tragedi Kanjuruhan

Penulis: Dayat Huri
Kamis 06 Okt 2022, 06:15 WIB
Presiden RI, Jokowi

Presiden RI, Jokowi/foto dok Kemenpora

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menelepon ketua federasi sepak bola dunia, FIFA Gianni Infantino terkait tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan ratusan suporter meninggal dunia.

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pasca pertandingan pekan ke-11 Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10) lalu tersebut memang tengah disorot dunia. Bagaimana tidak, setidaknya 131 orang meninggal dunia akibat tragedi itu.

Terkait hal itu, Presiden Jokowi mengaku telah menelepon Presiden FIFA Gianni Infantino dan membicarakan banyak hal terkait perkembangan sepak bola tanah air pasca tragedi tersebut.

"Hari Senin malam saya telah bertelepon langsung, berbicara langsung dengan Presiden FIFA, Presiden Infantino, berbicara banyak mengenai tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang," katanya seperti dikutip dari laman Jawa Pos.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku membahas tentang Piala Dunia sepak bola U-20, dimana Indonesia akan jadi tuan rumah pada ajang yang akan digelar tahun depan itu. Terkait potensi sanksi atas peristiwa yang terjadi di Kanjuruhan, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada organisasi sepak bola internasional itu

"Juga berbicara mengenai FIFA U-20 berbicara banyak, tetapi keputusan apa pun kewenangan di FIFA," ujar dia.

Terkait tragedi Kanjuruhan sendiri, Pemerintah telah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF). Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD yang bertindak sebagai Ketua TGIPF Tragedi Kanjuruhan menargetkan investigasi kasus tersebut akan selesai dalam waktu satu bulan.

Sampai sejauh ini, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 telah diputuskan untuk diberhentikan selama dua pekan ke depan. Keputusan itu diambil berdasarkan usulan Jokowi yang ingin kasus itu dituntaskan terlebih dahulu sebelum kompetisi kembali diputar.

Artikel Tag: jokowi, Liga 1, Gianni Infantino

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/jokowi-mengaku-telah-menelepon-presiden-fifa-terkait-tragedi-kanjuruhan
559  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini