Guardiola Diklaim Sebagai Pelatih Paling Berpengaruh di Dunia Sepakbola

Penulis: Demos Why
Selasa 11 Feb 2020, 20:30 WIB
Guardiola Diklaim Sebagai Pelatih Paling Berpengaruh di Dunia Sepakbola

Pep Guardiola (Foto: Martin Rickett/PA Images via Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepakbola: Mantan pemain Real Madrid, Jorge Valdano, mengklaim bahwa Pep Guardiola sebagai pelatih yang paling berpengaruh terhadap dunia sepakbola. Pasalnya Valdano menilai Guardiola telah mengubah banyak hal sejak masih melatih Barcelona.

Saat masih menangani Barcelona, Guardiola mulai memperkenalkan taktik tiki-taka. Strategi tersebut sempat diragukan banyak pihak namun justru mampu menuai kesuksesan bersama La Blaugrana bersama Lionel Messi, Xavi, dan Andres Iniesta.

Meski gaya bermain tiki-taka dianggap suadah tak relevan di era sepakbola modern, namun nyatanya gaya bermain seperti itu telah mengubah banyak hal. Hal itu bisa dibuktikan di mana kebanyakan tim saat ini tak terlalu mengandalkan serangan langsung dengan menggunakan umpan lambung.

Bahkan Valdano menilai Guardiola sebagai sosok spesial yang telah memberikan pengaruh besar bagi dunia sepakbola.

"Hingga saat ini belum ada yang mampu membawa pengaruh yang lebih besar bagi Guardiola melebihi Guardiola," ujar Valdano dilansir dari Goal International.

"Pada saat ini tim yang hanya bermain di divisi ketiga sekalipun bermain terbuka, menyerang, dan memainkan bola dari belakang. Bahkan mereka menumpuk pemain di lini tengah hanya untuk menciptakan keunggulan pemain."

Valdano menilai dunia sepakbola sudah jauh bebeda ketimbang beberapa tahun sebelumnya. Kala itu tim yang lebih pragmatis serta spekulatif lebih mudah untuk memenangkan pertandingan.

"Saat ini kita tak lagi bergerak dalam dinamika era lama dimana tim bagus justru bisa dikalahkan oleh tim yang menerapkan gaya spekulatif. Saat ini kita tak akan lagi melihat tim yang hanya menunggu diserang serta membuang bola ke depan," ujarnya melanjutkan.

"Sementara dalam pola permainan Guardiola selalu ada tuntutan, yang dengan cara tertentu telah memodifikasi tuntutan orang-orang untuk permainan sepak bola yang mereka lihat," pungkasnya.

Artikel Tag: Pep Guardiola, Manchester City, Jorge Valdano

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/guardiola-diklaim-sebagai-pelatih-paling-berpengaruh-di-dunia-sepakbola
1853  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini