Bicara Rasisme di Sepakbola, Marcus Thuram: Ini Masalah Global

Penulis: Uphit Kratos
Kamis 07 Mar 2024, 14:15 WIB
Marcus Thuram

Marcus Thuram

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Italia: Striker Inter Milan, Marcus Thuram menilai masalah rasisme di sepakbola bukan hanya terjadi di Italia, tapi juga terjadi di banyak negara, termasuk di Spanyol.

Serie A masih jadi liga yang kurang ramah bagi pendatang, terutama bagi mereka yang berkulit hitam. Tidak jarang mereka kerap mendapat pelecehan rasial dari pendukung tim lawan, sperti kasus yang dialami Mike Maignan beberapa waktu yang lalu.

Berbicara kepada GQ Italia, Marcus Thuram bicara tentang perjuangan yang sedang berlangsung melawan rasisme dalam sepak bola Italia, dan dunia yang lebih luas.

"Wajar jika orang-orang meminta saya untuk jadi simbol bagi perjuangan melawan rasisme, karena saya memiliki suara yang dapat didengar lebih dari yang lain. Saya sadar akan hal ini dan topik ini sangat dekat dengan hati saya.” ujar Thuram.

"Namun, saya tidak percaya bahwa seorang individu dapat mengubah banyak hal, ini jelas merupakan proses kolektif.”

“Juga karena ini hanya masalah pemahaman bahwa kita adalah manusia. Banyak juga yang melihat masalah rasisme dalam sepakbola sebagai masalah yang terbatas, sebelumnya Anda berbicara tentang masalah Italia.”

"Saya rasa ini bukan masalah Italia. Rasisme itu ada di Prancis, di Spanyol, di Amerika Serikat. Ini adalah masalah universal, dan oleh karena itu saya percaya bahwa ini adalah proses perubahan yang harus dirangkul dan diimplementasikan bersama-sama, masing-masing melakukan bagiannya."

Artikel Tag: marcus thuram, Inter Milan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/bicara-rasisme-di-sepakbola-marcus-thuram-ini-masalah-global
478  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini