Belanda Protes Hak Asasi Manusia Jelang Piala Dunia Qatar

Penulis: Dwi Prima
Minggu 28 Mar 2021, 22:44 WIB
Belanda Protes Hak Asasi Manusia Jelang Piala Dunia Qatar

Belanda / via Gettyimages

Berita Sepak Bola: Belanda bergabung dengan Jerman dan Norwegia dalam memprotes hak asasi manusia menjelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia mereka dengan Latvia pada hari Sabtu kemarin (27/03).

Pertunjukan tersebut mewakili sikap menentang dugaan pelanggaran tuan rumah Piala Dunia 2022 terhadap hak asasi manusia khususnya para migran di negara Teluk itu.

Dilaporkan bahwa ribuan pekerja migran tewas selama pembangunan stadion di Qatar dalam beberapa tahun terakhir, dengan turnamen itu akan digelar di negara itu pada 2022.

The Oranje berbaris dalam T-shirt bertuliskan "Football Supports Change" menjelang kick-off pada pertandingan kedua mereka pada kualifikasi Piala Dunia di Amsterdam.

Demonstrasi serupa dilakukan oleh tim Norwegia, yang mengenakan kaos bertuliskan "Human rights on and off the pitch" sebelum mereka menghadapi Gibraltar dan Turki di kualifikasi Piala Dunia.

Jerman, sementara itu, juga mengenakan kaos bertuliskan "human rights" sebelum menghadapi Islandia dalam pertandingan kualifikasi mereka pada 25 Maret.

Pelatih Norwegia Staale Solbakken mengatakan bahwa protes itu merupakan upaya untuk "menekan FIFA agar lebih langsung, bahkan lebih tegas dengan pihak berwenang di Qatar, untuk memberlakukan persyaratan yang lebih ketat".

Bos Belanda Frank de Boer, sementara itu, menyatakan: "Banyak perhatian sekarang difokuskan pada apakah kami harus pergi ke sana jika kami lolos.

"Benar untuk menanyakan pertanyaan itu. Semua orang tahu bahwa apa yang terjadi di sana tidak baik.

"Human Rights Watch dan Amnesty International telah mengatakan bahwa jika kami pergi ke sana, kami dapat mempromosikan tujuannya dengan lebih baik."

Artikel Tag: Belanda, Piala Dunia Qatar 2022, FIFA

626  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini