Arteta Tekankan Pentingnya Dukungan dari Fans Arsenal

Penulis: Fery Andriyansyah
Senin 06 Jan 2020, 13:30 WIB
Arteta Tekankan Pentingnya Dukungan dari Fans Arsenal

Dukungan dari penggemar Arsenal. (Foto: Associated Press)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Pelatih kepala Arsenal, Mikel Arteta, menegaskan satu-satunya cara agar klub bisa kembali sukses adalah dengan memiliki penggemar yang bersatu di belakang mereka.

Selama dekade terakhir, penggemar The Gunners telah banyak terpecah - apakah itu tentang masa depan Arsene Wenger saat ia masih di klub atau karena rasa frustrasi terhadap kepemilikan Stan Kroenke.

Tetapi ada tanda-tanda positif selama kemenangan 2-0 melawan Manchester United pada awal tahun 2020, yang menunjukkan bahwa kedatangan Arteta sebagai pelatih kepala bisa menjadi unsur utama untuk menyatukan klub sekali lagi.

Dan menjelang pertandingan putaran ketiga Piala FA melawan Leeds United di Emirates Stadium pada Selasa (7/1) dini hari pukul 02.56 WIB, Arteta telah berbicara tentang pentingnya mendapat dukungan dari para penggemar di belakang mereka.

Ketika ditanya apakah ia dapat mencapai apa yang diinginkannya di Arsenal jika tanpa penggemar, Arteta menjawab: "Itu tidak mungkin.

"Fanbase yang kita miliki terlalu kuat, sejarah kita. Berapa banyak orang yang telah berada di klub sepak bola ini, para pemain dan tim hebat yang pernah mereka lihat. Jika kita mendapatkan koneksi itu [sekali lagi], itu akan sangat kuat. Tanpa itu, saya pikir tidak mungkin."

Arteta menjadi satu dari lima pemain yang diboyong Arsenal pada Deadline Day musim panas 2011, menyusul kekalahan memalukan 8-2 dari Manchester United di Old Trafford. Sama seperti yang terjadi pada musim ini, atmosfer kemudian menjadi beracun setelah awal musim The Gunners yang mengerikan, tetapi tim Wenger mampu menstabilkan kapal dan perlahan mulai membalikkan keadaan.

Kurang dari tiga tahun kemudian mereka memenangkan Piala FA, mengakhiri puasa gelar selama sembilan tahun. Arteta mengatakan periode tersebut menunjukkan bahwa peningkatan performa di lapangan bisa menghidupkan semangat dan kepercayaan penggemar kembali.

"Ketika saya tiba setelah kekalahan dari Manchester United, itu [suasananya] seperti sekarang ini dan perlahan kami mulai mengubahnya dan itu menjadi jauh, jauh lebih baik," jelas pria berusia 37 tahun itu.

"Itu ada di tangan kita, kita harus memberi mereka. Dan jika kita memberi mereka, maka mereka akan memberi kita lebih banyak lagi. Mereka menginginkan kesuksesan lagi untuk klub sepak bola ini, mereka sudah terbiasa dengan itu, ada sejarah yang berkaitan dengan itu.

"Ketika Anda membawa para penggemar ke Wembley, itu adalah skenario yang berbeda, sesuatu yang mereka banggakan. Ini hari yang istimewa. Mereka bepergian dengan keluarga mereka. Saya pikir itu menghasilkan sesuatu yang istimewa."

Artikel Tag: Mikel Arteta, Arsenal, Liga Inggris, Piala FA

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/arteta-tekankan-pentingnya-dukungan-dari-fans-arsenal
2934  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini