Luka Doncic Hadapi Giannis Antetokounmpo di Semifinal Kualifikasi Olimpiade

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 05 Jul 2024, 08:52 WIB
Luka Doncic menyumbangkan triple double untuk Slovenia saat mengalahkan Selandia Baru 104-78 di turnamen kualifikasi Olimpiade di Piraeus, Yunani.

Luka Doncic menyumbangkan triple double untuk Slovenia saat mengalahkan Selandia Baru 104-78 di turnamen kualifikasi Olimpiade di Piraeus, Yunani.

Ligaolahraga.com -

Luka Doncic dan tim nasional basket Slovenia terus berjuang untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade dengan mengalahkan Selandia Baru pada Kamis (4/7) dan akan bertemu Giannis Antetokounmpo dan Yunani di semifinal turnamen kualifikasi di Piraeus, Yunani.

Doncic menampilkan performa yang impresif, mencetak 36 poin, meraih 11 rebound, dan memberikan 10 assist, membawa Slovenia meraih kemenangan 104-78 atas Selandia Baru.

Kemenangan ini mengamankan tempat Slovenia di semifinal turnamen kualifikasi Olimpiade di Piraeus, Yunani, di mana mereka membutuhkan margin kemenangan minimal 10 poin untuk melaju.

Di babak semifinal pada hari Sabtu (6/7) mendatang, Slovenia akan menghadapi Yunani, yang akan mempertemukan dua pemain NBA All-Stars, Doncic dan Antetokounmpo.

Pemenang dari pertandingan ini akan melaju ke babak final pada hari Minggu (7/7), di mana kemenangan akan membawa mereka ke tempat yang didambakan di Olimpiade Paris, sementara yang kalah akan tersingkir dari persaingan.

Dalam kemenangan Slovenia atas Selandia Baru, Josh Nebo memberikan kontribusi yang signifikan dengan 20 poin dan 10 rebound. Shea Ili menjadi pencetak poin terbanyak untuk Selandia Baru dengan 28 poin.

Sementara itu, Giannis Antetokounmpo diistirahatkan untuk pertandingan Yunani melawan Mesir, namun hal tersebut tidak menghentikan Yunani untuk meraih kemenangan 93-71.

Konstantinos Mitoglou dan Georgios Papagiannis masing-masing mencetak 16 poin, sedangkan Kostas Papanikolaou menambahkan 15 poin untuk Yunani. Ahmed Metwaly memimpin Mesir dengan 22 poin, namun tim tersebut tersingkir dari turnamen kualifikasi Olimpiade.

Semifinal kualifikasi Olimpiade pada Sabtu lusa akan menampilkan pertandingan di empat lokasi berbeda: Di Valencia, Spanyol: Finlandia vs Spanyol, Bahama vs Lebanon. Di Piraeus, Yunani: Slovenia vs Yunani, Kroasia vs Republik Dominika. Di Riga, Latvia: Brasil vs Filipina, Kamerun vs Latvia. Di San Juan, Puerto Rico: Lithuania vs Italia atau Puerto Rico, Italia atau Puerto Rico vs Pantai Gading atau Meksiko.

Final untuk masing-masing tempat dijadwalkan pada hari Minggu, dan pemenang dari final ini akan mengamankan tempat di Olimpiade Paris.

Di Riga, Latvia meskipun Filipina kalah dari Georgia 96-94, mereka tetap melaju ke semifinal turnamen. Kemajuan yang tak terduga ini menciptakan tantangan logistik bagi tim, karena mereka awalnya berencana untuk terbang pulang pada hari Jumat (5/7).

"Saya kira kami harus memundurkannya sedikit," kata pelatih Filipina, Tim Cone. "Itulah betapa terkejutnya kami berada di sini dan berbicara dengan kalian. Ini adalah pertama kalinya saya merasa senang karena kalah."

Georgia, yang membutuhkan kemenangan 19 poin untuk melaju, hampir saja melakukannya namun tidak cukup memenuhi persyaratan.

Sandro Mamukelashvili memimpin Georgia dengan 26 poin, dan Goga Bitadze menambahkan 21 poin dan 11 rebound. Justin Brownlee menjadi pencetak angka terbanyak dalam pertandingan ini dengan 28 poin, serta delapan rebound dan delapan assist untuk Filipina.

Di Valencia, Spanyol, Finlandia menjaga harapan mereka untuk tampil di Olimpiade tetap hidup dengan kemenangan comeback yang mendebarkan, menang 89-88 atas Polandia. Tertinggal 12 poin di awal kuarter keempat, Finlandia melanjutkan dengan 25-12 untuk meraih tempat di semifinal.

Mikael Jantunen mencetak 20 poin untuk Finlandia, dengan Alexander Madsen menambahkan 18 poin. A.J. Slaughter memimpin Polandia dengan 21 poin, dan Jeremy Sochan menyumbangkan 20 poin, namun hal tersebut tidak cukup untuk mencegah tersingkirnya mereka.

Di Riga, Latvia, Kamerun mengamankan kemenangan 77-74 atas Brazil, dan melaju ke babak semifinal. Jeremiah Hill memimpin Kamerun dengan 22 poin. Meskipun kalah, Brasil masih memuncaki grup mereka dan melaju. Leo Meindl memimpin Brazil dengan 19 poin.

Brazil harus menang atau kalah dengan selisih tidak lebih dari enam poin untuk dapat melaju, sedangkan kekalahan dengan selisih 15 poin atau lebih akan membuat mereka tersingkir.

Di Valencia, Spanyol, Lebanon melaju ke babak semifinal dengan kemenangan 74-70 atas Angola. Omari Spellman mencetak 22 poin dan meraih 13 rebound, sedangkan Karim Zeinoun menambahkan 15 poin, termasuk sebuah catatan 7-0 di kuarter keempat. Gerson Goncalves mencetak 13 poin dan Bruno Fernando menambahkan 12 poin untuk Angola, yang telah tersingkir.

Di San Juan, Puerto Rico, Meksiko mengatasi defisit sembilan poin di babak kedua untuk mengalahkan Pantai Gading 92-81 dan melaju ke babak semifinal. Paul Stoll mencetak 23 poin dan memiliki 11 assist, sedangkan Joshua Ibarra menambahkan 22 poin dan 11 rebound. Nisre Zouzoua dan Vafessa Fofana masing-masing mencetak 16 poin untuk Pantai Gading.

Artikel Tag: olimpiade

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/luka-doncic-hadapi-giannis-antetokounmpo-di-semifinal-kualifikasi-olimpiade
1205  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini