Legenda Basket Indonesia Berikan Saran ke Perbasi

Penulis: Senja Hanan
Jumat 23 Feb 2024, 07:42 WIB
Legenda Basket Indonesia Berikan Saran ke Perbasi

Legenda Basket Indonesia Berikan Saran ke Perbasi

Ligaolahraga.com -

Berita Basket: Legenda basket Indonesia, Andy Poedjakesuma mendukung program Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Namun, sosok yang disapa Batam berikan sejumlah saran terkait Indonesia Patriots.

Legenda Basket Andy Poedjakesuma membeberkan, salah satu yang harus diperhatikan yaitu terkait syarat tinggi badan minimal 180 cm bagi pemain muda, yang nantinya akan dikirim ke tempat pelatihan (training camp) di Lithuania.

"Bagus memang untuk tinggi 180 cm dan itu standar, tetapi tidak menutup kemungkinan juga, jika memang ada potensi yang tingginya sedikit kurang atau tidak terlalu jauh dan punya skill bagus, kenapa tidak dicoba juga," kata sang legenda kepada ANTARA melalui telepon, Kamis.

Lebih lanjut dia membeberkan, tinggi badan memang penting untuk menentukan standar pilihan. Namun, pemain yang tingginya kurang sedikit dari 180 cm tetapi memiliki skill yang istimewa tidak boleh diabaikan.

Dia mencontohkan, Timnas Putra Jepang memiliki point guard tidak sampai 180 cm, tetapi tetap masuk dalam skuad karena diyakini memiliki kemampuan yang istimewa dan dapat menunjang performa tim.

"Jepang juga punya pemain yang tidak tinggi-tinggi banget (di bawah 180 cm) untuk posisi point guard, tetapi skill-nya istimewa," ujar anggota skuad Indonesia yang meraih medali perak SEA Games 2007 Thailand itu.

Menurut dia, semua itu kembali kepada penilaian atau naluri pelatih yang harus mampu melihat, sejauh apa potensi dari pemain yang diseleksi. Mantan Manajer Tim Indonesia Patriots itu tetap mengapresiasi program Perbasi tersebut dan berharap agar tetap konsisten dilakukan, serta dibenahi secara berkesinambungan.

Artikel Tag: Indonesia Patriots, Andy Poedjakesuma

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/legenda-basket-indonesia-berikan-saran-ke-perbasi
214  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini