Berita Basket: 10 Hal Menarik yang Layak Dinantikan di Playoff NBA 2017

Penulis: Vina Enza
Sabtu 15 Apr 2017, 23:30 WIB
Berita Basket: 10 Hal Menarik yang Layak Dinantikan di Playoff NBA 2017

10 hal menarik layak dinantikan di babak playoff NBA 2017 (Foto: NBA playoff bracket)

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Berita Basket: Babak Playoff NBA dimulai Sabtu (15/04) waktu setempat, dan akan ada banyak hal menarik yang layak dinantikan di pertandingan yang akan mempertemukan tim-tim terbaik yang berlaga musim ini.

1. Aksi LeBron James di Putaran Pertama

King James akan melakukan penampilan ke-200 di Playoffs saat Cleveland bertemu dengan Indiana Pacers di Game 1 Sabtu (15/04)  waktu Amerika. Dia tidak perah kalah di putaran pertama, telah memainkan 51 pertandingan di putaran pertama. Sejak 2008 James belum pernah memainkan laga hingga game ke-6.

James telah terlibat dalam 131 kemenangan timnya di playoff sama dengan raihan Tony Parker dari San Antonio di antara para pemain yang masih aktif.  Jika Cleveland bisa melaju ke putaran selanjutnya maka ia mungkin akan menduduki peringkat pertama dalam jajaran pencetak poin terbanyak di babak playoffs sepanjang masa. Dia telah menorehkan 5.572 poin dan menduduki No. 4 di bawah no. 3 Kobe Bryant (5.640), No.2 Kareem Abdul-Jabbar (5.762) dan No. 1 Michael Jordan (5.987).

2. Pertarungan Dua kandidat MVP

Dua kandidat peraih MVP musim ini akan saling berhadapan di putaran pertama, yakni Russel Westbrook dari Oklahoma City dengan James Harden dari Houston Rockets, memang trofi Maurice Podoloff atau yang dikenal dengan trofi MVP tidak secara otomatis diserahkan pada pemenang laga.

Menarik disaksikan duel langsung antara kedua pemain, Westbrook telah mencatatkan rata-rata triple-double tertinggi dengan 31.6 poin, 10,7 rebound dan 10.4 assist. Harden mencatatkan rata-rata 29.1 poin, 11.2 assist dan 8.1 rebound untuk Rockets. Kedua pemain telah bertemu sebanyak 16 kali termasuk di babak Playoffs, masing-masing mencatatkan delepan kemenangan. Westbrook menorehkan lima triple-double dalam laga tersebut termasuk dua musim ini.

3. Kiprah Luar Biasa Spurs

San Antonio melaju ke playoffs yang ke-20 kalinya secera beruntun dan saat ini berada dalam posisi tiga yang terbanyak di sepanjang sejarah NBA. Philadelphia dengan 22 kali dalam rentang 1950 hingga 1971. Portland dengan 21 dari 1983 hingga 2003 dan Utah dengan 20 penampilan dari 1984 hingga 2003.

Tidak cukup sampai di situ kehebatan Spurs, mereka juga mencatatkan 60 persen kemenangan di pertandingan pada musim tersebut. Raihan tersebut lebih lama delapan kali dibandingkan tim lainnya di NBA.

4. Kesibukan di kota Boston

Pada beberapa hari ke depan kota Boston akan disibukkan beberapa even olahraga termasuk diantaranya playoff NBA, ketika Celtics menjamu Chicago Bulls pada Minggu dan Selasa, playoffs NHL pada Senin dan Senators di Bruis pada Rabu. Sekaligus juga ajang maraton Boston yang juga berlangsung Senin pekan depan serta pertadingan Red Sox yang menjamu Tampa Bay Rays di ajang tahunan Patriots Day.

5. Debut Playoffs Greg Monroe dan Markieff Morris

Greg Monroe telah bermain sebanyak 538 kali di musim reguler sedangkan Markieff Morris telah tampil sebanyak 448 kali, akan tetepi keduanya belum pernah merasakan babak playoffs di sepanjang kariernya. Segalanya akan berubah akhir pekan ini Monroe dengan Milwakee Bucks akan menghadapi Toronto Raptors dan Morris bersama Washington Wizards akan menghadapi Atlanta Hawks.

Tidak ada pemain yang masih aktif di NBA yang tidak pernah tampil di babak playoffs selain Monroe, ketika ia mulai debuntnya akhir pekan ini, maka dua pemain aktif yang masih belum pernah merasakan playoffs tinggal Omri Casspi (499 penampilan setelah musim ini) dan DeMarcus Cousins (487).

6. Pertandingan Ulangan di Game 1

Pertandingan pertama di babak playoffs seperti halnya pertandingan pertama di musim reguler untuk beberapa klub. Washington akan mengunjungi Atlanta di Game 1 sama halnya Oktober lalu di musim reguler dan Atlanta akan mengunjungi Washington di Game 1 di babak playoffs Minggu nanti. Pertandingan pertama Dwyane Wade dengan Chicago Bulls adalah melawan Boston di musim reguler dan kali ini di pertandingan pertama playoffs Bulls juga akan melawan Celtics.

7. Akhir karier Paul Pierce di NBA

Ajang playoffs musim ini akan menjadi akhir karier Paul Pierce di NBA, musim ini ia hanya bermain sebanyak 25 pertandingan bersama Los Angeles Clippers, namun pengalaman dan kepemimpinannya kemungkinan masih akan dibutuhkan di lapangan, ia telah memainkan 163 pertandingan playoffs, kebanyakan dengan Boston yang juga memberikannya gelar juara NBA pada 2008.

8. Aksi Pemain Veteran

Dua pemain veteran yang akan bermain di babak playoffs musim ini adalah Vince Carter dan Manu Ginobili. Keduanya akan saling berhadapan ketika Memphis meladeni San Antonio. Carter yang saat ini berusia 40 tahun masih menjadi pemain kunci bagi Griezzlies dan Ginobili yang berusia 39 tahun tampaknya akan menjalani musim terakhirnya bersama Spurs meski sekedar spekulasi mengenai pensiunnya sang pemain. Ia hanya bermain rata-rata 19 menit dari bangku cadangan.

9. Akankah Tradisi Berlanjut?

Tim yang menempati posisi pertama hampir selalu bisa mengalahkan tim berperingkat delapan di putaran pembuka, namun tahun ini menurut pakar NBA dan juga eks pemain NBA Reggie Miller hal tersebut kemungkinan bisa berubah. Ia tidak akan terkejut jika Chicago akan menyerah pada Boston di putaran pertama dan akan menjadi pertandingan menarik antara dua tim.

10. Tim yang difavoritkan menjadi juara NBA musim ini

Prediksi mengenai siap yang akan tampil sebagai juara NBA sudah mulai digulirkan dengan Golden State masih menjadi yang terfavorit diikuti dengan Cleveland Cavaliers. Kemudian San Antonio dan Boston.

Artikel Tag: basket, Berita Basket, playoff, NBA 2016/17

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/berita-basket-10-hal-menarik-yang-layak-dinantikan-di-playoff-nba-2017
1264  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini