banner babe

Zhang Nan, Sejarah Empat Medali Emas Kejuaraan Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 13 Jul 2019, 21:00 WIB
Zhang Nan, Sejarah Empat Medali Emas Kejuaraan Dunia

Liu Cheng-Zhang Nan/[Foto:Badzine]

Berita Badminton: Pebulutangkis senior asal China, Zhang Nan, akan mengincar sejarah ketika BWF Kejuaraan Dunia 2019 akan berlangsung di Basel, Swiss pada Agustus mendatang.

Jika Zhang Nan mampu merebut medali emas ganda putra bersama Liu Cheng, ia akan naik level dalam daftar peringkat sepanjang masa bersama dengan Park Joo Bong, Lin Dan dan mantan rekannya Zhao Yunlei sebagai pemenang Kejuaraan Dunia sebanyak lima kali.

Masih ada waktu bagi pemain berusia 29 tahun itu untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sementara Zhang/Liu telah melakukan sedikit catatan sejak Fuzhou China Open tahun lalu dengan mencapai semifinal, mereka akan ingat bahwa medali emas di Kejuaraan Dunia tahun 2017, dan medali perunggu tahun lalu menjadi pengingat bahwa mereka tak akan dianggap remeh. Zhang/Liu menempati kualifikasi di tempat kesembilan dalam batas akhir (Selasa 30 April 2019).

Meskipun demikian, Zhang/Liu tentu saja akan mendapat perlawanan ketat dari rekan senegaranya, Li Jun Hui/Liu Yu Chen, yang mampu tampil hebat di turnamen-turnamen besar. Medali emas di Kejuaraan Dunia tahun lalu diikuti oleh kemenangan mereka di BWF World Tour Finals 2018 menjadi bukti kehebatan Li/Liu, disamping membawa China meraih gelar Piala Sudirman Mei lalu.

Dua pasangan China lainnya yang lolos ke Basel adalah juara French Open 2018, Han Cheng Kai/Zhou Hao Dong dan runner-up Fuzhou China Open 2018, He Ji Ting/Tan Qiang.

Pasangan ganda putra peringkat 1 dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berada di puncak kualifikasi dan 'Minion' tentu saja akan berharap untuk mengakhiri kutukan mereka di Kejuaraan Dunia.

Sementara rekan senegaranya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, akan mencari momentum dengan apa yang telah menjadi musim terbaik mereka sejauh ini. Kemenangan untuk keduanya akan membawa Hendra Setiawan menyamai rekan senegaranya, Liliyana Natsir dan empat pemain lainnya dengan empat medali emas.

Pasangan asal Indonesia lainnya yang berharap dapat melaju jauh di Kejuaraan Dunia 2019 adalah juara Swiss Open 2019, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Berry Angriawan/Hardianto.

Jepang belum pernah memenangkan gelar ganda putra di Kejuaraan Dunia dan akan berharap satu dari empat pasangan mereka yang lolos kali ini, yakni runner-up tahun lalu Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Juara Asia 2019, Yuta Watanabe/Hiroyuki Endo, Takuto Inoue/Yuki Kaneko serta Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Artikel Tag: Liu Cheng, zhang nan, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Kejuaraan Dunia 2019

2884  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini