Tak Hanya Pemain, Malaysia Juga Akan Depak Pelatih Yang Kurang Memuaskan

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 06 Des 2018, 23:30 WIB
Tak Hanya Pemain, Malaysia Juga Akan Depak Pelatih Yang Kurang Memuaskan

Leong Jun Hao/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Bukan hanya pemain, namun beberapa pelatih juga akan segera diputus kontraknya oleh Federasi Badminton Malaysia (BAM) yang akan terus memangkas skuat tim nasional demi mendapatkan komposisi skuat ideal dan berkualitas.

Seluruh skuat di BAM hanya akan diisi 48 pemain pada akhir tahun ini, yang berarti akan terjadi pengurangan 12 pemain dari 60 pemain yang ada saat ini.

Lima pemain yakni Iskandar Zulkarnain Zainuddin (tunggal putra), Lee Zii Yii (tunggal putri), Woon Khe Wei, Tan Sueh Jeou dan Goh Yea Ching (ganda putri) telah mengajukan pengunduran diri beberapa waktu lalu, yang berarti BAM diperkirakan akan mencoret tujuh pemain lagi.

Komite pembinaan dan pelatihan (CNT) sebelumnya mengatakan mereka ingin mengubah skuad yang gemuk menjadi lebih ramping dan dikurangi secara bertahap, sehingga pada akhirnya hanya terdiri dari dua tunggal atau pasangan elite di setiap departemen sementara pemain cadangan adalah mereka yang berusia 21 tahun ke bawah yang dianggap memiliki masa depan cerah.

Lebih lanjut ketua CNT Datuk Ng Chin Chai mengatakan bahwa kontrak lima pelatih di BAM saat ini juga belum diperbarui.

"Kami telah meminta pelatih untuk kembali dengan nama yang diusulkan (akan dirilis) bulan depan," kata Chin Chai setelah memimpin pertemuan komite CNT kemarin.

“Dengan skuad yang lebih kecil, kami juga harus mengurangi jumlah pelatih," ungkapnya.

“Saat ini kami memiliki 17 pelatih, dan kami akan memangkasnya menjadi 12. Ini adalah pelatih yang kontraknya akan segera berakhir. Kami telah memberi tahu mereka sebelum pertemuan ini tetapi tidak adil bagi saya untuk menyebutkannya sekarang."

“Ini adalah kebijakan baru kami karena kami sebelumnya sudah berkembang dari skuad nasional ukuran sedang ke skuad besar, namun para pemain kami belum melakukan yang lebih baik," Chin Cai menambahkan.

BAM akan mengadakan pertemuan pada pertengahan Januari untuk menentukan kandidat-kandidat yang dipromosikan dari klub profesional dan BAM untuk masuk ke tim nasional.

"Meskipun kami memangkas pemain, kami masih ingin memberikan kesempatan kepada pemain potensial untuk mencoba masuk ke tim nasional," kata Chin Chai.

“Para pemain ini adalah mereka yang unggul di turnamen nasional. Kami tidak memiliki banyak ruang tetapi jika para pemain itu potensial, kami bersedia memberi mereka kesempatan,” pungkasnya.

Artikel Tag: Leong Jun Hao, Lee Zii Jia, lee chong wei

1179