Soh Wooi Yik Siap Pikul Tanggung Jawab Lebih di Piala Sudirman

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 21 Sep 2021, 16:30 WIB
Soh Wooi Yik Siap Pikul Tanggung Jawab Lebih di Piala Sudirman

Aaon Chia-Wooi Yik/[Foto:Thesar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pemain andalan ganda putra Malaysia, Soh Wooi Yik percaya bahwa dia telah dewasa dan siap memainkan peran penting di acara tim besar yang akan datang, dimulai dengan Piala Sudirman di Vaanta, Finlandia, dari 26 September-3 Oktober.

Soh Wooi Yik, 23 tahun, sudah menduduki peringkat 1 nasional bersama Aaron Chia pada edisi sebelumnya di Nanning, China, pada 2019, tetapi ia hanya berhasil sekali tampil.

Wooi Yik dan Aaron, finalis All England tahun itu, menunjukkan penampilan yang meyakinkan sebelum kalah dalam tiga game dari juara dunia Li Junhui/Liu Yuchen dalam kekalahan 5-0 Malaysia dari China di babak penyisihan grup.

Namun, itu ternyata menjadi satu-satunya pertandingan Wooi Yik dalam kampanye debutnya, karena para pelatih malah menempatkan kepercayaan mereka pada kombinasi awal Aaron dan Teo Ee Yi dalam pertandingan krusial melawan India.

Aaron/Ee Yi sepatutnya dikirim untuk menginspirasi Malaysia meraih kemenangan 3-2 setelah mengalahkan Manu Attri-B. Sumeeth Reddy yang mengirim tim ke perempat final.

Di babak delapan besar, peringkat kedua Ee Yi dan Ong Yew Sin yang lebih disukai daripada Aaron/Wooi Yik saat Malaysia kalah 3-0 dari Jepang.

Soh Wooi Yik mengungkapkan bahwa alasan dia tidak diturunkan melawan India adalah karena dia memilih untuk tidak dimainkan.

“Saat pertemuan tim, saya sebenarnya meminta pelatih (Paulus Firman) untuk meninggalkan saya (dalam pertandingan do-or-die melawan India) karena saya tidak percaya diri,” jelas Wooi Yik.

“Itulah mengapa tim memutuskan untuk pergi dengan Aaron-Ee Yi. Aaron sebelumnya telah membentuk kemitraan awal dengan Ee Yi di Piala Thomas (2018), dan mereka melakukannya dengan baik saat itu."

“Saya berhasil memainkan satu pertandingan melawan China karena pelatih ingin saya mendapatkan pengalaman. Kalau tidak, Aaron akan bermain dengan Ee Yi sebelumnya.”

Wooi Yik tentu telah menempuh perjalanan jauh sejak saat itu. Sekarang pasangan peringkat 8 dunia, Wooi Yik dan Aaron telah memantapkan diri mereka sebagai salah satu pasangan yang harus dikalahkan dengan memenangkan perunggu di Olimpiade Tokyo.

Berbekal pengalaman, Wooi Yik mengatakan sudah waktunya baginya untuk memimpin bersama Aaron dan Lee Zii Jia.

“Sekarang kami memiliki tanggung jawab untuk memimpin di dalam dan di luar lapangan. Kami harus berkomunikasi dengan tim kami, untuk menjaga semangat tim tetap tinggi, itu sangat penting,” katanya.

Untuk Piala Sudirman, Malaysia tergabung di Grup D bersama Jepang, Inggris, dan Mesir.

Wooi Yik termasuk di antara enam pebulu tangkis dan pelatih kelahiran Kuala Lumpur yang mendapat penghargaan dari Asosiasi Bulu Tangkis Kuala Lumpur (KLBA) atas prestasi mereka di Olimpiade Tokyo dalam upacara di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) kemarin.

Soh Wooi Yik menerima RM5,000, tertinggi kedua setelah peraih medali emas Paralimpiade Cheah Liek Hou, yang membawa pulang RM10,000.

Insentif juga diberikan kepada pelatih Liek Hou Rashid Sidek (RM3.000), direktur pelatih BAM Wong Choong Hann (RM3.000), pebulu tangkis tunggal putri independen, Soniia Cheah (RM2.000), dan pemain ganda putri yang baru saja pensiun. , Chow Mei Kuan (RM2.000) atas partisipasi mereka di Olimpiade Tokyo.

Artikel Tag: Soh Wooi Yik, Aaron Chia, Piala Sudirman 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/soh-wooi-yik-siap-pikul-tanggung-jawab-lebih-di-piala-sudirman
1050  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini