Pemecatan Lima Pemain BAM Berimbas Pada Kualitas Pemain Putri

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 09 Feb 2021, 16:00 WIB
Pemecatan Lima Pemain BAM Berimbas Pada Kualitas Pemain Putri

Shevon Jemie Lai-Goh Soon Huat/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Empat dari lima pebulutangkis yang dipecat oleh Persatuan Bulu Tangkis Malaysia (BAM) adalah pemain putri dan itu tidak menjadi pertanda baik untuk olahraga ini.

Pada hari Sabtu, badan nasional memecat Goh Soon Huat dan pasangan ganda campurannya Shevon Lai Jemie diikuti oleh Lai Pei Jing (ganda campuran), Vivian Hoo (ganda putri) serta Soniia Cheah (tunggal putri).

Malaysia membutuhkan pemain wanita yang kuat untuk mendapat peluang di ajang ganda campuran. Bangsa ini sudah membuang tonggaknya sejauh menyangkut bakat di sektor tunggal dan ganda.

Di saat Malaysia mencari pemain wanita yang bagus, keputusan untuk menjatuhkan para pemain senior itu menjadi kejutan besar. Alih-alih membiarkan mereka, BAM bisa menggunakan mereka sebagai sparring partner untuk juniornya.

Mereka memiliki pengalaman dan atribut kepemimpinan untuk mengangkat standar para remaja.

Tanpa Shevon dan Pei Jing, ganda campuran kini tinggal bersama Chen Tang Jie-Peck Yen Wei dan Hoo Pang Ron-Cheah Yee See. Sementara itu, Tan Kian Meng, partner Pei Jing, tidak memiliki partner. Di sektor tunggal dan ganda putri, Vivian dan Soniia dipandang sebagai aset terutama di ajang beregu.

Vivian bisa saja meninggalkan tim nasional lebih awal ketika rekannya Woon Khe Wei mundur setelah Olimpiade 2016 di Rio tetapi pebulutangkis tanpa pamrih itu tetap tinggal untuk membantu para junior. Pemain berusia 30 tahun itu bekerja sama dengan pasangan yang lebih muda, Yap Cheng Wen, dan sekarang berada di peringkat 17 dunia.

Soniia terhambat karena serangkaian cedera tetapi pulih kembali dan sekarang berada di ambang kualifikasi untuk Olimpiade pertamanya di Tokyo. Di antara pemain yang turun, dia memiliki peluang terbaik untuk lolos karena dia saat ini berada di urutan ke-18 klasemen kualifikasi Olimpiade.

Dengan absennya dia, Malaysia tidak akan memiliki perwakilan di tunggal putri untuk kedua kalinya berturut-turut di Olimpiade.

Artikel Tag: bam, Vivian Hoo, Soniia Cheah, Shevon Jemie Lai

978  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini