Pelatih Indonesia Paulus Firman Jadi Kepala Pelatih Timnas Singapura

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 26 Sep 2022, 19:30 WIB
Pelatih Indonesia Paulus Firman Ditunjuk Jadi Kepala Pelatih Timnas Singapura

Paulus Firman/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Setelah dianggap sebagai pelatih yang terbuang, Paulus Firman dari Indonesia sekarang diangkat menjadi pelatih kepala ganda tim nasional Singapura.

Mantan ketua ganda campuran BA Malaysia (BAM) mengatakan kepada Timesport bahwa dia telah bergabung dengan negara tetangga Causeway itu dengan kontrak dua tahun.

Target utama Paulus Firman adalah memimpin pasangan ganda teratas Singapura ke Olimpiade Paris 2024.

"Butuh waktu bagi saya untuk keluar karena saya harus memastikan semuanya beres terlebih dahulu. Saya butuh waktu istirahat setelah dari Malaysia untuk menyelesaikan masalah keluarga di tanah air (Indonesia) dan sekarang akhirnya dapat mengkonfirmasi bahwa saya telah bergabung dengan tim nasional Singapura,” kata Paulus.

"Saya resmi mulai melatih pekan lalu dan akan dibantu oleh Lim Pek Siah (mantan pelatih ganda putri BAM)," tambah Paulus yang mengantarkan juara dunia Aaron Chia/Soh Wooi Yik ke 10 besar dunia.

Paulus Firman, 54 tahun, pertama kali bergabung dengan BAM sebagai pelatih ganda putra pada 2013 sebelum pergi 10 bulan kemudian untuk menjadi pelatih kepala tim nasional Filipina.

Pelatih Indonesia itu kemudian kembali ke Malaysia untuk kedua kalinya pada 2018 sebagai pelatih ganda putra, namun dua tahun kemudian secara mengejutkan pindah ke sektor ganda campuran, meski membuahkan hasil bagus dengan Aaron/Wooi Yik dan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani.

Diketahui, Paulus yang sudah merasa tersiksa dengan perubahan ini, memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan BAM pada April mendatang.

Tentang peran barunya dengan tim nasional Singapura, Paulus mengatakan: "Sejauh ini, semuanya baik-baik saja. Tidak seperti di Malaysia, jumlah pemain di sini sangat sedikit. Pek Siah dan saya akan mengabaikan seluruh skuat ganda.”

"Tujuannya adalah untuk membuat mereka dalam kondisi yang baik dan siap untuk Olimpiade 2024."

Paulus bukan satu-satunya mantan pelatih BAM yang direkrut BA Singapura.

Awal bulan ini, mantan pelatih tunggal putri nasional Loh Wei Sheng ditunjuk sebagai asisten pelatih tunggal untuk SBA. Wei Sheng akan bekerja sama dengan mantan juara dunia Loh Kean Yew.

Artikel Tag: Paulus Firman, Badminton Singapura

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/pelatih-indonesia-paulus-firman-jadi-kepala-pelatih-timnas-singapura
660  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini