Pasangan Kembar Ini Bertekad Raih Medali Olimpiade Cabang Badminton

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 25 Okt 2020, 14:45 WIB
Pasangan Kembar Cheng Su Hui-Cheng Su Yin Ingin Jadi Pemain Badminton Besar Peraih Medali Olimpiade

Cheng Su Hui-Cheng Su Yin/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pasangan Cheng Su Hui dan Cheng Su Yin mungkin menjadi saudara kembar identik pertama yang mencapai prestasi luar biasa bagi Malaysia di nomor ganda di tingkat internasional, bahkan Olimpiade jika tekad mereka adalah sesuatu yang diinginkan.

Cheng Su Hui dan Cheng Su Yin yang saat ini berusia 17 tahun, ditetapkan untuk menjadi pasangan putri teratas di peringkat junior tahun depan dengan beberapa yang lebih tua diharapkan dapat promosi ke grup senior.

Harapan ada pada bintang Kedah ini untuk memperebutkan medali di Kejuaraan Badminton Dunia Junior tahun depan di China.

Mereka telah menunjukkan hasil yang menjanjikan, setelah memenangkan beberapa gelar junior kelompok usia selama lima tahun terakhir dan juga memenangkan Seri Internasional Bangladesh U-19 di Dhaka pada Desember tahun lalu.

Keduanya sempat sempat lolos ke Persatuan Bulu Tangkis Malaysia (BAM) lima tahun lalu, namun karena cinta tak terpisahkan satu sama lain, mereka baru bergabung sebagai pasangan tahun lalu.

Cheng Su Hui, yang lebih muda, hanya berpisah lima menit setelah lahir, membuat seleksi ke dalam regu junior BAM ketika dia masih di Form 1 tetapi saudara perempuannya tidak lolos.

“Cheng Su Yin dan saya datang untuk seleksi tetapi sayangnya, saya adalah satu-satunya yang terpilih. Saya tetap bersama BAM tapi saya rindu kampung halaman dan jauh dari saudara kembar saya itu sulit,” kata Su Hui.

“Jadi, saya meninggalkan BAM setelah satu tahun dan bergabung kembali dengan saudara perempuan saya dan terus bermain untuk negara bagian kami. Tapi tahun lalu, kami berdua kembali mengikuti seleksi nasional, lebih ditentukan dari sebelumnya, dan kali ini kami berdua terpilih," ungkapnya.

“Kami memiliki banyak kesamaan dan itu lucu ketika orang mencoba menebak siapa adalah siapa ... terkadang, wasit juga. Kami sudah dewasa sekarang ... kami lebih dekat tetapi kami memiliki hal-hal berbeda yang kami lakukan saat ini,” tambahnya.

Su Hui mengatakan ibu mereka Tan Saik Khim, mantan pemain nasional, adalah salah satu alasan keterlibatan mereka dalam olahraga tersebut.

“Ibu kami adalah mantan pemain di akhir tahun 80-an, dia bermain di salah satu kejuaraan Piala Uber. Dia adalah inspirasi kami,” katanya.

“Dia menyemangati kami tetapi menjelaskan kepada kami bahwa perjalanannya akan sulit. Dia menasihati kami untuk gigih jika kami ingin menjadi besar. Dan itulah yang ingin kami lakukan."

Dan sebagai permulaan, Cheng Su Hui/Cheng Su Yin melihat lebih dari sekadar Kejuaraan Dunia Junior.

“Kami sedang mempersiapkan pertemuan junior dunia (pada Januari di Selandia Baru) tetapi itu dibatalkan. Kami masih memenuhi syarat untuk yang berikutnya ... tapi target jangka panjang kami adalah menjadi Olympian," pungkas Su Hui.

Artikel Tag: Kembar, Cheng Su Hui, Cheng Su Yin, olimpiade

4030  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini