Mulyo Handoyo Akan Buat Tunggal Putra India Semakin Disegani

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 13 Agu 2023, 16:00 WIB
Mulyo Handoyo Akan Buat Tunggal Putra India Semakin Disegani

Mulyo Handoyo/[Foto:Times of India]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Tim bulu tangkis Malaysia mungkin masih mencari pelatih papan atas untuk memperkuat timnasnya, tapi India bertindak cepat dengan mendatangkan pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo.

Mulyo Handoyo, yang merupakan pelatih terkenal Indonesia di balik kesuksesan juara Olimpiade Athena 2004 Taufik Hidayat, akan mulai bekerja sebagai pelatih kepala tunggal di National Centre of Excellence India yang baru di Guwahati di Assam, menurut Times of India.

Mulyo Handoyo bukan satu-satunya pelatih asing tetapi Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) telah memasukkan dua pemain asing lainnya – mantan juara ganda All-Inggris Ivan Sozonov dari Rusia sebagai pelatih ganda dan Park Tae-sang dari Korea Selatan.

Bagi Mulyo dan Tae-sang, ini bukan tugas pertama mereka di India.

Dalam tugas satu tahun Mulyo bersama India pada 2017, Kidambi Srikanth menjadi sangat ditakuti dengan memenangkan empat gelar Super Series secara beruntun. Dia bergabung dengan Singapura setelah mengundurkan diri pada awal 2018.

Tae-sang membimbing PV Sindhu untuk memenangkan perunggu tunggal putri di Olimpiade Tokyo 2021 tetapi kemudian berpisah dengan sang pemain.

Kehadiran Sozonov, yang memenangkan gelar All-England 2016 bersama Vladimir Ivanov, diharapkan dapat memperkuat sektor ganda putra yang saat ini sedang naik daun dengan penampilan kuat Chirag Shetty-Satwiksairaj Rankireddy.

Pusat pelatihan di Guwahati adalah hotspot baru untuk bulu tangkis di India karena fasilitas mutakhir memiliki 24 lapangan bulu tangkis dengan fasilitas asrama dan dapat menampung 3.000 penonton. Hotel ini juga memiliki gym dan pusat yoga.

“BAI memiliki rencana besar dan pusat keunggulan ini dan penunjukan pelatih ini – Mulyo, Sozonov dan Park adalah langkah pertama,” kata Sekretaris Jenderal BAI Sanjay Mishra seperti dikutip TOI.

Dua pusat terkenal lainnya adalah Pullela Gopichand Badminton Academy di Hyderabad dan Padukone-Dravid Center for Sports Excellence di Bangalore.

Secara keseluruhan, Gopichand masih menjadi pelatih kepala tunggal nasional utama sementara Mathias Boe dari Denmark akan terus memimpin ganda putra dengan Chirag-Satwiksairaj sebagai fokus utamanya.

Artikel Tag: Mulyo Handoyo, kidambi srikanth, India

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/mulyo-handoyo-akan-buat-tunggal-putra-india-semakin-disegani
713  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini