Masalah Selesai, Lee Zii Jia dan Kawan-kawan Kembali Berlatih di Timnas

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 12 Sep 2023, 18:30 WIB
Masalah Selesai, Lee Zii Jia dan Kawan-kawan Kembali Berlatih di Tim Nasional

Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pemain tunggal profesional Lee Zii Jia akan kembali ke Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) untuk pelatihan terpusat Asian Games karena masalah seragamnya telah diselesaikan.

Lee Zii Jia dan beberapa pemain independen lainnya akan memulai sesi mereka dengan para pemain Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) pada 19-23 September di akademi di Bukit Kiara sebagai persiapan untuk kejuaraan empat tahunan di Hangzhou, Tiongkok.

Direktur administrasi ABM Michelle Chai mengatakan semua pembayar, termasuk Zii Jia, akan diberikan pakaian pelatihan oleh BAM yang tidak memiliki merek atau logo untuk menghindari konflik sponsorship.

“Semua pemain profesional akan menghadiri pelatihan terpusat dan Zii Jia telah meminta untuk hadir beberapa hari kemudian. Mereka juga akan diberikan pakaian pelatihan tanpa merek atau logo sehingga terhindar dari masalah sponsorship,” kata Michelle.

Lee Zii Jia dan pelatihnya Wong Tat Meng telah mengangkat masalah mengenai keputusan BAM sebelum Kejuaraan Dunia di Kopenhagen di mana para pemain tidak diperbolehkan mengenakan pakaian dari rival langsung dari sponsor badan nasional Yonex.

Dengan pakaian latihan netral yang disediakan oleh BAM, Zii Jia dkk seharusnya tidak memiliki masalah untuk menghadiri latihan demi Malaysia dan tujuan meraih medali di Asian Games.

Direktur Kepelatihan Ganda Nasional Rexy Mainaky asal Indonesia menilai kehadiran Zii Jia akan sangat krusial untuk ajang beregu di Asian Games.

Rexy Mainaky percaya bahwa meskipun Zii Jia kesulitan dalam tur Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), rekam jejaknya dalam nomor beregu bagus dan faktor itu akan membantu perjuangan Malaysia dalam mencari medali di Hangzhou di mana kompetisi bulu tangkis akan diadakan mulai 28 September. -7 Oktober.

Lee Zii Jia memimpin tim sebagai tunggal pertama selama Piala Sudirman di Suzhou, Tiongkok, pada bulan Mei di mana ia tetap tak terkalahkan dalam empat pertandingan dan membantu Malaysia mencapai semifinal.

Dia juga pernah bermain di Kejuaraan Beregu Campuran Asia di Dubai pada bulan Februari di mana satu-satunya kekalahannya adalah dari HS Prannoy dari India dalam perjalanan Malaysia ke perempat final.

Pemain peringkat 14 dunia itu tersingkir di babak penyisihan 11 turnamen namun berhasil mencapai semifinal di All England, Swiss, dan Australia Open, namun Rexy menilai pemain tersebut akan mampu memainkan perannya di ajang beregu.

“Meski belum ada pembahasan susunan pemain untuk Hangzhou, kami membutuhkan pemain sepengalaman Zii Jia untuk ajang beregu Asian Games,” kata Rexy.

“Penampilannya bagus di ajang beregu sebelumnya dan kami tahu dia sedang berusaha mendapatkan ritmenya kembali di bawah asuhan Wong Tat Meng di ajang tur BWF. Saya berharap dia bisa tampil baik di Hong Kong dan juga Asian Games. Kami membutuhkan pemain yang memiliki kekuatan mental dan Zii Jia telah membuktikannya di ajang beregu," ungkapnya.

Pebulutangkis BAM Ng Tze Yong juga telah menunjukkan kemajuan dan akan menjadi taruhan bagus sebagai single kedua sementara Leong Jun Hao atau Cheam June Wei harus bermain sebagai single ketiga.

Sektor ganda terlihat lebih mantap karena Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pasangan independen Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dan Man Wei Chong/Tee Kai Wun bisa diandalkan.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, rexy mainaky, Asian Games 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/masalah-selesai-lee-zii-jia-dan-kawan-kawan-kembali-berlatih-di-timnas
693  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini