Legenda Bulu Tangkis Malaysia, Ng Boon Bee Tutup Usia

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 04 Agu 2022, 11:30 WIB
Legenda Bulu Tangkis Malaysia, Ng Boon Bee Tutup Usia

Ng Boon Bee Semasa Bermain/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Ng Boon Bee adalah pria kecil dengan lompatan besar dan smash mematikan, seorang pahlawan bulu tangkis yang telah memenangkan hampir segalanya yakni Piala Thomas (dua kali), All England (dua kali), medali emas Asian Games (tiga kali).

Bermitra pertama (Datuk) Tan Yee Khan dan kemudian (Datuk) Punch Gunalan, ia juga memenangkan kejuaraan Asia dan bahkan mengambil bagian dalam Olimpiade ketika bulu tangkis adalah olahraga demonstrasi.

Datuk Ng Boon Bee adalah salah satu pebulu tangkis terpendek di tim nasional. Tapi dia adalah seorang atlet raksasa.

Dia tidak hanya mewakili negara dalam bulu tangkis tetapi juga menjadi bagian dari tim sepak bola nasional di Turnamen Merdeka bersama dengan orang-orang seperti Ghani Minhat, Robert Choe dan V. Govindarajoo di akhir 1950-an.

Ng Boon Bee meninggal dunia setelah mengalami masalah jantung di Ipoh kemarin. Dia berusia 84 tahun.

Pasangan ganda dan teman masa kecilnya Yee Khan mengatakan Boon Bee seperti saudara baginya.

“Saya sudah mengenalnya sejak masa sekolah kami di St Michael's Institution dan kami berkeliling dunia dan memenangkan begitu banyak gelar. Kenangan yang begitu indah. Saya akan sangat merindukannya,” kata Yee Khan.

“Rumahnya hanya 200m dari rumah saya dan kami selalu menghabiskan waktu bersama. Berlatih dan bermain di turnamen. Itulah hidup kami,” ungkapnya.

“Dia adalah pemain hebat dan pria hebat. Sejak aku yang berbicara, banyak yang mengira aku lebih tua tapi dia tiga tahun lebih tua dariku. Bangsa ini telah kehilangan seorang olahragawan hebat. Orang-orang seperti dia harus mendapatkan lebih banyak pengakuan atas pengabdiannya yang tiada henti untuk olahraga sebagai atlet nasional.”

Rekan satu tim Ng Boon Bee di Piala Thomas, Datuk Yew Cheng Hoe, mengatakan kematian mantan pemain hebat itu mengejutkan karena dia dalam semangat yang baik selama reuni beberapa minggu yang lalu.

“Istrinya Tong Yee Cheng mengatakan dia mengalami serangan saat berada di dalam mobil dan dilarikan ke rumah sakit Ipoh. Dia meninggal malam ini,” kata Cheng Hoe.

“Dia adalah salah satu pemain bulu tangkis terbaik yang pernah ada di negara ini. Seluruh tim Piala Thomas 1967 masih ada dan sedih kehilangan dia. Kami telah kehilangan salah satu olahragawan terhebat kami.”

“Istrinya adalah mantan pemain nasional juga dan dia menamai putranya Thomas setelah kesuksesan kami. Terlepas dari jasanya, dia hampir tidak mendapat pengakuan dan itu selalu menjadi bagian yang menyedihkan. Tapi dia tidak pernah mempermasalahkannya.”

Ng Boon Bee dan Yee Khan adalah anggota integral dari tim Piala Thomas 1967. Anggota tim lainnya adalah Cheng Hoe, Teh Kew San, Tan Aik Huang dan Billy Ng.

Boon Bee dan Yee Khan adalah pasangan ganda yang tangguh pada 1960-an dan menjadi juara All England pada 1965 dan 1966.

Boon Bee kemudian bermitra dengan mendiang Gunalan untuk memenangkan gelar All England 1971. Dia juga memenangkan medali emas Commonwealth Games 1970 bersama Gunalan di Edinburgh, Skotlandia.

Dia juga telah memenangkan empat medali emas Asian Games di ganda putra dan campuran dan delapan medali emas di SEAP dan SEA Games.

Sebagai pesepakbola, ia adalah bagian dari tim Malaya yang memenangkan turnamen Merdeka tiga kali (1958-1960) sebelum beralih ke bulu tangkis penuh waktu.

Mantan pemain internasional Datuk James Selvaraj memberikan penghormatan kepada Boon Bee sebagai salah satu orang yang menginspirasinya untuk menjadi pemain yang lebih baik.

“Ketika saya masih remaja, saya biasa melihat mereka berlatih dan saya terinspirasi dan ingin menjadi seperti mereka. Boon Bee adalah pemain menyerang yang hebat dan menyenangkan melihatnya,” kata Selvaraj.

“Dia bisa memainkan banyak olahraga. Jasanya untuk olahraga Malaysia tak ternilai harganya.”

Ng Boon Bee juga aktif dalam kriket, rugby dan atletik di tingkat negara bagian. Tapi dia selalu menjadi kesayangan bulu tangkis.

Artikel Tag: Ng Boon Bee, Malaysia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/legenda-bulu-tangkis-malaysia-ng-boon-bee-tutup-usia
856  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini