Lee Zii Jia Genjot Latihan Fisik Untuk Arungi Musim Depan

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 10 Des 2023, 19:45 WIB
Lee Zii Jia Genjot Latihan Fisik Untuk Arungi Musim Depan

Lee Zii Jia-Kunlavut Vitidsarn/[Foto:BWF]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Rencana sedang dibuat untuk tiga bulan ke depan untuk meningkatkan permainan pemain tunggal putra Lee Zii Jia naik satu tingkat lebih tinggi musim depan. Saat ini, fokusnya adalah pada latihan pasir.

Lee Zii Jia yang berusia 24 tahun juga akan bertanding dengan pemain asing di Kuala Lumpur bulan ini sebelum Malaysia Open pada 9-14 Januari di Axiata Arena di Bukit Jalil dan menghabiskan dua minggu lagi di luar negeri dengan tim pemain lain pada bulan Februari sebelum Tour Eropa dimulai.

Dan pelatih Wong Tat Meng sangat antusias dengan prospek mendorong pemain peringkat 10 dunia Zii Jia lebih jauh dalam latihan.

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan peringkat dunia Lee Zii Jia dan mempersiapkannya menjadi lawan yang layak di Olimpiade Paris.

“Latihan pasir untuk meningkatkan kecepatan dan ketangkasan. Kami menghabiskan satu hari di pantai di Sepang baru-baru ini untuk fokus pada hal ini,” kata Tat Meng.

"Karena Zii Jia adalah pemain yang tinggi (1,86m), gerak kakinya terkadang terasa canggung. Kami membantunya menjadi lincah, fleksibel dan juga bermain dengan keseimbangan dan kekuatan yang tepat di lapangan."

“Karena dia juga rentan terhadap lecet, ini adalah metode lain bagi kami untuk meminimalkan dampak pada kakinya.”

Menjelang akhir bulan, Zii Jia akan bertanding dengan Popov bersaudara dari Prancis Toma Junior (peringkat 25 dunia) dan Christo (peringkat 29 dunia).

“Popov bersaudara datang 10 hari sebelum Malaysia Open dan telah meminta untuk berlatih bersama Zii Jia dan kami telah menyetujuinya,” kata Tat Meng.

"Kami juga menyempurnakan rencana kami dengan tim asing lainnya, yang tidak dapat saya ungkapkan sekarang, untuk mengajak Zii Jia berlatih di luar negeri selama dua minggu pada bulan Februari sebelum empat turnamen berturut-turut dimulai di Eropa dimulai dengan turnamen Jerman Open, French Open, dan All England pada bulan Maret."

“Desember dan Februari adalah satu-satunya ruang yang kami miliki bagi Zii Jia untuk fokus pada latihannya. Pada bulan Februari, ada kompetisi beregu Asia di Kuala Lumpur tetapi jika dia tidak terpilih, kami hanya akan menggunakan waktu tambahan untuk melatih permainannya," katanya.

“Zii Jia memiliki kualitas sparring yang cukup, dan itulah yang paling tidak saya khawatirkan.”

Meskipun Tat Meng senang dengan hasil akhir yang kuat dari Lee Zii Jia tahun ini, dia berharap kinerja yang lebih konsisten dari timnya tahun depan.

“Tugasnya baru-baru ini di Eropa (memenangkan Arktik Open, mencapai final Denmark Open, dan mencapai perempat final di Prancis) telah mendorong peringkatnya ke 10 besar. Kami berharap dapat melihat peningkatan lebih lanjut tahun depan,” katanya.

“Pada akhirnya, kami ingin Zii Jia berada dalam posisi yang baik ketika periode kualifikasi Olimpiade berakhir pada bulan April,” tambah Tat Meng.

Malaysia bisa menurunkan dua pemain tunggalnya ke Olimpiade jika keduanya berada di klasemen 16 besar sebelum kualifikasi berakhir. Selain Zii Jia, pemain Malaysia lainnya yang bersaing memperebutkan tempat adalah peringkat 15 dunia Ng Tze Yong.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Wong Tat Meng, Toma Junior Popov

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-zii-jia-genjot-latihan-fisik-untuk-arungi-musim-depan
740  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini