Lee Chong Wei Peringatkan Lee Zii Jia Untuk Jaga Sikap

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 19 Agu 2023, 00:00 WIB
Lee Chong Wei Peringatkan Lee Zii Jia Untuk Jaga Sikap

Lee Zii JIa-Soh Wooi Yik/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Datuk Lee Chong Wei selalu menjadi pemain setia. Mantan tunggal putra hebat ini selalu mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) selama hari-harinya bermain terlepas dari seberapa menantangnya itu.

Dan itulah mengapa Lee Chong Wei frustrasi dengan sikap pebulu tangkis independen Lee Zii Jia.

Peraih medali perak Olimpiade tiga kali itu mengungkapkan kekecewaannya terhadap peringkat 13 dunia Zii Jia dan pelatihnya Wong Tat Meng karena gagal di BAM, mengikuti peraturan badan nasional bahwa pemain independen hanya boleh berlatih di Akademi Bulutangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara seminggu sekali jika memakai apparel sponsor Yonex.

Yonex adalah sponsor resmi BAM sedangkan Zii Jia didanai oleh Victor.

“BAM telah memperjelas bahwa pemain independen dapat mengenakan pakaian polos,” kata Chong Wei.

“Para pemain tidak bisa memakai pakaian dengan logo sponsor peralatan olahraga selain Yonex. “Awalnya, mereka mengizinkan para pemain untuk memakai pakaian apapun tapi Yonex memiliki aturan yang ketat.”

“Saya tidak mengerti mengapa Zii Jia dan pelatihnya sekarang meributkan hal ini. Anda harus mengikuti aturan jika ingin berlatih di BAM. Itu adalah pilihan Zii Jia sendiri untuk meninggalkan BAM tetapi mereka sekarang membuka pintu mereka untuk memungkinkan dia dan pemain profesional lainnya berlatih sekali atau dua kali seminggu, dan dia masih ingin membuat masalah,” ungkapnya.

“Pemain profesional lainnya seperti Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (ganda putra) dan Goh Jin Wei (tunggal putri) tidak mengeluh, jadi mengapa dia dan pelatihnya, yang baru bergabung dengannya sebulan lalu, marah?”

Lee Chong Wei memiliki alasan untuk menyuarakan karena dialah yang menyarankan kepada BAM untuk mengizinkan pemain independen berlatih sekali atau dua kali seminggu di ABM.

Chong Wei adalah anggota program Olimpiade Paris Road to Gold (RTG).

“Sebagai anggota RTG, saya telah mengusulkan kepada Menteri Olahraga Hannah Yeoh dan presiden BAM Tan Sri Norza (Zakaria) dan mengizinkan pemain independen bertanding dengan pemain nasional sekali atau dua kali seminggu,” kata Chong Wei.

“Ini demi kebaikan bulu tangkis negara kita. Zii Jia perlu memikirkan BAM dan pemain lain juga. Dia tidak bisa selalu egois dan memikirkan dirinya sendiri. Saya tidak pernah berbicara tentang masalah dia di masa lalu, tetapi kali ini terlalu banyak.”

“Dia adalah harapan terbaik kami untuk memenangkan emas di Olimpiade Paris, tetapi dia perlu bekerja sama dengan BAM dan lainnya jika dia ingin sukses.”

Kejuaraan Dunia akan berlangsung minggu depan di Kopenhagen dan masalah ini adalah hal terakhir yang dibutuhkan Zii Jia dengan ajang bergengsi yang sudah dekat.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, BWF Kejuaraan Dunia 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-chong-wei-peringatkan-lee-zii-jia-untuk-jaga-sikap
575  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini