Lee Chong Wei: Commonwealth Games Lebih Penting Dari Kejuaraan Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 24 Jun 2022, 16:00 WIB
Lee Chong Wei: Commonwealth Games Lebin Penting Dari Kejuaraan Dunia

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Setelah keputusan pemain tunggal putra, Lee Zii Jia untuk keluar dari Commonwealth Games, mantan pebulu tangkis hebat Datuk Lee Chong Wei mengatakan dia tidak akan melewatkan kejuaraan multi-olahraga empat tahunan itu ntuk kompetisi lainnya.

Mantan pemain nomor satu dunia itu mengatakan bermain di Commonwealth Games selalu menjadi prioritasnya karena diadakan setiap empat tahun sekali, tidak seperti kejuaraan dunia, yang dipentaskan setiap setahun kecuali di tahun Olimpiade.

"Kejuaraan dunia lebih penting untuk karir seseorang tetapi Commonwealth Games jauh lebih penting bagi negara," katanya.

Lee Chong Wei mengatakan ini ketika diminta untuk mengomentari penarikan pemain independen, Lee Zii Jia dari Commonwealth Games di Birmingham, yang dijadwalkan akan diadakan pada 28 Juli-8 Agustus.

Dalam sebuah video yang dibagikan kepada media pada hari Rabu, Zii Jia mengatakan kesulitan dalam menghadapi jadwal yang ketat dan kebutuhan untuk fokus penuh pada kejuaraan dunia di Tokyo dari 22-28 Agustus mendorongnya untuk melewatkan Commonwealth Games 2022.

Lee Chong Wei tidak pernah gagal mengantarkan emas untuk Malaysia, termasuk tiga di tunggal putra, sejak debutnya pada edisi 2006 di Melbourne, Australia. Pemain kelahiran Penang itu absen di Glasgow 2014 karena cedera.

Juara Commonwealth Games tiga kali itu menunjukkan bahwa ketidakhadiran Zii Jia dapat terbukti merugikan Malaysia dalam upaya mereka untuk memenangkan dua medali emas seperti yang ditargetkan oleh Dewan Olimpiade Malaysia (OCM) pekan lalu.

“Pasti sulit bagi pemain tunggal putra Malaysia untuk meraih emas karena ada pemain India, juara dunia Singapura 2021 Loh Kean Yew dan Bryan Yang dari Kanada,” tambahnya.

Chong Wei meyakini bahwa keputusan Zii Jia juga akan meredupkan harapan Malaysia di nomor beregu campuran meskipun mereka masih akan mendapatkan jasa pasangan ganda putra peringkat enam dunia Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pasangan ganda putri peringkat 10 dunia Pearly Tan-M. Thinaah dan Chan Peng Soon yang berpengalaman di ganda campuran.

Peraih medali perak Olimpiade tiga kali itu mengatakan status Zii Jia sebagai seorang profesional telah memudahkan pemenang Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 itu untuk melewati Birmingham.

“Fakta bahwa dia tidak lagi menjadi bagian dari tim nasional membuatnya mudah untuk tidak bermain di Birmingham. Jika dia berada di tim nasional, Commonwealth Games pasti akan menjadi prioritas,” katanya.

Ia mengatakan, pebulutangkis tunggal nomor satu Malaysia Ng Tze Yong, yang ditunjuk sebagai penggantinya, kini tak punya pilihan selain memikul tanggung jawab besar untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Zii Jia di Birmingham.

Chong Wei berharap pemain nomor 48 dunia itu siap menampilkan yang terbaik dalam ajang yang berlangsung di National Exhibition Centre itu.

Artikel Tag: lee Chon Wei, Lee Zii Jia, Commonwealth Games 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-chong-wei-commonwealth-games-lebih-penting-dari-kejuaraan-dunia
1766  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini