Lee Chong Wei Berharap Lee Zii Jia Haus Akan Gelar Juara

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 24 Mar 2021, 08:00 WIB
Lee Chong Wei Berharap Lee Zii Jia Haus Akan Gelar Juara

Lee Chong Wei-Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei menantang juara All England yang baru saja usai pekan lalu, Lee Zii Jia untuk menciptakan sejarah dengan memenangkan lebih banyak gelar bergengsi.

Pemain berusia 38 tahun itu berharap Zii Jia tidak puas hanya dengan satu gelar, terutama setelah mengklaim gelar Super 1000 perdananya di usia 22 tahun.

Lee Chong Wei hanya bisa menyaksikan dengan kagum saat Lee Zii Jia memenangkan gelar All England yang bergengsi hanya dalam penampilan keduanya. Chong Wei membutuhkan enam upaya, termasuk mencapai tiga semifinal dan satu final, sebelum akhirnya berhasil pada 2010 pada usia 27 tahun.

Dia kemudian menambahkan tiga gelar lagi (2011,2013 dan 2017) dari lima final untuk bergabung dengan Wong Peng Soon dan Eddy Choong sebagai pemain Malaysia paling sukses dengan masing-masing empat gelar di kompetisi tunggal putra.

Lee Chong Wei berharap Zii Jia mampu melampaui rekor mereka.

“Mari berharap akan ada lebih banyak lagi yang akan datang dari Zii Jia, hanya untuk berpikir bahwa dia menaklukkan gelar All England pertamanya pada usia 22 tahun sungguh luar biasa ... Saya tidak memenangkan gelar saya sampai saya berusia 27!” kata Chong Wei.

“Kami tidak ingin ini menjadi satu-satunya kemenangan All-England dalam karirnya. “Saya berharap dia tidak akan mudah puas tetapi akan mencoba untuk menang lebih banyak di masa depan. Dia masih muda dan masih banyak tahun-tahun indah yang tersisa dalam dirinya," ungkapnya.

“Rekor dimaksudkan untuk dipecahkan. Saya tentu berharap dia bisa menyamai atau memecahkan rekor empat gelar kami di beberapa titik dalam karirnya. Itulah yang harus dilakukan setiap atlet ambisius, memotivasi diri sendiri dengan membidik sesuatu," tambah Chong Wei.

Lee Chong Wei juga dengan cepat memuji pelatih Hendrawan dan Datuk Tey Seu Bock atas perubahan haluan yang luar biasa dari Zii Jia setelah yang terakhir mendapat kecaman karena penampilannya yang tidak bersemangat selama tiga turnamen World Tour di Thailand pada bulan Januari.

Tidak hanya kedua pelatih membantunya menemukan kembali kepercayaan dirinya, permainan keseluruhan Zii Jia juga naik satu tingkat. 

“Saya pikir Hendrawan dan Seu Bock telah melakukan pekerjaan yang luar biasa, saya yakin mereka berdua memainkan peran besar dalam kembalinya Zii Jia,” kata Chong Wei.

“Dia sangat solid baik untuk menyerang dan bertahan, dan permainan bersihnya fantastis. Sangat menyenangkan untuk ditonton. Dia juga bermain dengan penuh percaya diri, yang pasti merupakan kuncinya."

Menjadi salah satu harapan peraih medali di Olimpiade Tokyo, penampilan luar biasa Lee Zii Jia pasti membuat Chong Wei tersenyum sebagai chef de mission kontingen nasional. Namun, meski itu pertanda baik untuk Olimpiade Tokyo, Chong Wei yakin ini masih belum waktunya untuk membahas peluang Zii Jia memenangkan medali pada debutnya.

“Di Olimpiade, selalu ada kesempatan bagi siapa pun. Kami telah melihat bagaimana kuda hitam meningkat menjadi peristiwa di masa lalu, ”kata Chong Wei.

“Tapi meski saya dan seluruh bangsa ingin melihatnya membawa pulang medali, jangan beri dia tekanan yang tidak perlu. Saya pikir Zii Jia sendiri akan mengincar medali dan saya yakin dia akan melakukan yang terbaik," tegas peraih tiga medali perak Olimpiade itu.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, All England 2021, olimpiade

1164  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini