Kisona Masuk Kualifikasi Kejuaraan Dunia 2021

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 02 Sep 2021, 18:00 WIB
Kisona Masuk Kualifikasi Kejuaraan Dunia 2021

Kisona Selvaduray/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pebulutangkis tunggal putri, S. Kisona dan pasangan ganda putri, Pearly Tan-M. Thinaah siap untuk melakukan debut Kejuaraan Dunia mereka di Huelva, Spanyol, mulai 12-19 Desember 2021.

Kisona termasuk di antara 22 pebulu tangkis Malaysia yang akan lolos ke pertandingan dunia edisi ke-26 berdasarkan posisi mereka di peringkat dunia saat ini.

Batas waktu kualifikasi telah ditetapkan pada 21 September. Peringkat dunia diperkirakan tidak akan banyak berubah selama tiga minggu ke depan mengingat sebagian besar turnamen dibatalkan atau ditunda.

Seperti yang terjadi, Malaysia dapat berharap untuk mengamankan dua slot masing-masing di tunggal putra dan putri, dan masing-masing tiga di ketiga nomor yakni ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Dengan pengecualian babak 64 besar untuk tunggal putra, empat sektor tersisa dibatasi untuk 48 besar.

Sebuah negara dapat memenuhi syarat maksimal empat tunggal atau pasangan asalkan semua berada di peringkat delapan besar, diikuti oleh tiga dan dua masing-masing untuk 24 besar dan 150 besar.

Pebulutangkis Malaysia yang lolos kualifikasi sementara adalah peringkat 8 dunia Lee Zii Jia dan peringkat 35 Liew Daren untuk tunggal putra; Nomor 34 Soniia Cheah dan Nomor 53 S. Kisona (tunggal putri); 8 Aaron Chia-Soh Wooi Yik, No. 13 Goh V Shem-Tan Wee Kiong dan No. 15 Ong Yew Sin-Teo Ee Yi; No.11 Chow Mei Kuan-Lee Meng Yean, No. 18 Vivian Hoo-Yap Cheng Wen dan No. 19 Pearly Tan-M. Thinaah; No.8 Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, No. 12 Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan No. 13. Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie (ganda campuran).

Dari 22 pemain tersebut, hanya juara SEA Games Kisona dan juara Swiss Open Pearly-Thinaah yang debutan. Pearly-Thinaah kemungkinan besar akan menjadi wakil tunggal negara di ganda putri karena Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) bisa menyerah pada dua tempat yang dimenangkan oleh Mei Kuan/Meng Yean dan Vivian/Cheng Wen. Mei Kuan telah pensiun baru-baru ini sementara Vivian tidak lagi bersama tim nasional setelah dibebaskan pada bulan Februari.

Namun, akan menarik untuk melihat apakah BAM akan mengizinkan Cheng Wen untuk bersatu kembali dengan Vivian hanya untuk kejuaraan dunia.

“Kami menyadari situasi di ganda putri. Setelah kami diberitahu tentang daftar kualifikasi, maka kami akan berdiskusi dengan pelatih untuk melihat apakah layak untuk mengirim mereka (Vivian dan Cheng Wen),” kata sekretaris BAM Datuk Kenny Goh.

“Lagipula, keduanya sudah cukup lama tidak berlatih bersama, dan ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan. Juga, para pelatih mungkin sudah menyiapkan sesuatu untuk Cheng Wen, jadi perencanaan jangka panjang tetap menjadi prioritas tim."

Sedangkan untuk ganda putra, semua mata akan tertuju pada peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro V Shem/Wee Kiong jika mereka tetap pada rencana awal mereka untuk bermain bersama di pertemuan dunia. V Shem dan Wee Kiong telah mengumumkan perpisahan mereka bulan lalu tetapi telah setuju untuk melakukan perjalanan ke Huelva jika mereka berhasil.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dalam pertemuan Dewan mereka baru-baru ini memutuskan untuk membatalkan penggunaan peringkat kualifikasi Road to Huelva untuk menentukan kualifikasi untuk Kejuaraan Dunia.

Dewan setuju bahwa peringkat dunia yang ada akan digunakan sebagai gantinya.

“Covid-19 terus memengaruhi kemampuan pemain, di semua wilayah, untuk secara aktif bersaing di turnamen peringkat dunia, termasuk yang termasuk dalam periode kualifikasi (Kejuaraan Dunia) (1 Januari-5 September 2021),” bunyi pernyataan yang tersedia. di situs Perusahaan BWF.

“Peringkat dunia lebih baik mencerminkan kekuatan relatif pemain di semua wilayah dan cocok untuk jadwal Kejuaraan Dunia yang direvisi.”

Artikel Tag: Kisona Selvaduray, Kejuaraan Dunia 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/kisona-masuk-kualifikasi-kejuaraan-dunia-2021
2247  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini