Kento Momota Masuk Nominasi Laureus World Sports Awards

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 26 Feb 2021, 17:00 WIB
Kento Momota Masuk Nominasi Laureus World Sports Awards

Kento Momota/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Juara dunia dua kali Kento Momota menjadi pemain bulu tangkis pertama yang dinominasikan untuk Laureus World Sports Awards yang bergengsi ketika ia dinobatkan sebagai penantang untuk kategori 'Laureus World Comeback of the Year'.

Kembalinya Kento Momota yang berani dari kecelakaan serius pada Januari 2020 hingga memenangkan Kejuaraan Nasional All Japan pada bulan Desember telah diakui oleh panel penghargaan.

Kento Momota, setelah memenangkan PERODUA Malaysia Masters, sedang dalam perjalanan ke Bandara Internasional Kuala Lumpur ketika mobilnya mengalami kecelakaan fatal yang sayangnya menewaskan pengemudinya.

Momota, dua staf tim Jepang, dan operator sistem HawkEye terluka. Momota menderita beberapa luka robekan di wajahnya, selain sinus maksilaris kanan dan patah tulang hidung, dan dilarikan ke rumah sakit.

Sekembalinya ke Jepang, Kento Momota ditemukan mengalami patah tulang lantai orbital di mata kanannya, yang membutuhkan pembedahan.

Momota dinominasikan untuk Laureus World Comeback of the Year bersama lima atlet lainnya: Alex Morgan (AS, sepak bola), Alex Smith (AS, Sepak Bola Amerika), Daniel Baird (AS, bisbol), Max Parrot (Kanada, seluncur salju) dan Mikaela Shiffrin (AS, ski).

Pengumuman Nominasi Momota menyatakan: "Pemain nomor satu dunia itu kembali berkompetisi di Kejuaraan Nasional All Japan di Tokyo pada bulan Desember. Dia khawatir karirnya akan berakhir setelah mengalami patah rongga mata dalam kecelakaan mobil dalam perjalanan ke bandara Kuala Lumpur setelah kemenangannya di Malaysia Masters Januari lalu, di mana sopirnya tewas."

"Momota, yang diharapkan menjadi salah satu favorit Jepang untuk meraih medali emas di Tokyo, sekarang mencoba untuk mengembalikan performa yang membuatnya memenangkan 11 gelar tahun lalu. Dia mengakui bahwa jiwanya 'hampir hancur' setelah operasi yang membuat penglihatannya terganggu."

Dengan nominasi Laureus, Momota, yang menerima pengakuan dari Guinness World Records pada Desember 2019 untuk gelar tunggal putra bulu tangkis terbanyak dalam satu musim, terus menjadi pembawa bendera untuk popularitas bulu tangkis yang semakin meningkat di seluruh dunia.

Karena situasi COVID-19, Penghargaan Olahraga Dunia Laureus 2021, yang akan diadakan pada awal Mei, akan menjadi acara virtual sebagai pengganti gala tahunan.

Tahukah kamu?

Dua pemain bulu tangkis adalah Duta Laureus. Salah satunya adalah juara dunia lima kali Lin Dan, yang lainnya adalah juara ganda campuran Commonwealth Games 1990 asal Hong Kong, Amy Chan Lim Chee .

Artikel Tag: kento momota, jepang, BWF, Laureus World Sport Awards

596  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini