Georgij Karpov, Pebulu Tangkis Muda Rusia yang Sedang Menanjak

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 20 Mei 2020, 02:30 WIB
Georgij Karpov, Pebulu Tangkis Muda Rusia yang Sedang Menanjak

Georgij Karpov/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton: Ada banyak yang ditulis tentang potensi besar pemain muda Perancis yang datang saat ini, tetapi tahukah Anda mengenai pebulu tangkis muda Rusia yang baru muncul?

Pada dua edisi Kejuaraan U17 Eropa terakhir, Rusia membawa pulang sembilan medali yang mencakup semua lima kategori. Ini hanya kalah dari tim kuat Eropa, Denmark dengan 10 medali.

Georgij Karpov memenangkan emas pada tahun 2017, mengalahkan banyak pembicaraan tentang prospek Magnus Johannesen di final. Karpov membahas apa yang dia pertaruhkan untuk keberhasilan Rusia ini?

"Pertumbuhan nyata prestasi pemain bulu tangkis Rusia, saya kaitkan dengan antusiasme para atlet dan pelatih mereka. Juga, penting bahwa ada sejumlah turnamen remaja dan itu memungkinkan atlet muda untuk menunjukkan bakat mereka," kata Karpov, dikutip dari Badminton Europe.

Masih berusia 18 tahun, Karpov bermain di turnamen senior di nomor tunggal dan ganda, naik ke peringkat 146 di tunggal putra dan 163 di ganda putra. Masuk ke 100 besar tentu menjadi target bagi pemuda itu, tetapi apa harapannya untuk Paris 2024?

"Tanpa ragu, Kejuaraan Olimpiade 2024 di Paris adalah prioritas utama dalam daftar tujuan saya. Setiap hari, saya bekerja keras dan melakukan yang terbaik serta meningkatkan diri untuk mencapai hasil yang lebih baik," ungkapnya.

Sayangnya, tahun lalu dalam Kejuaraan Dunia Junior di Kazan, Rusia, Karpov tidak bisa melangkah lebih jauh ke babak berikutnya meski tampil di hadapan para pendukung tuan rumah. Dia kalah tipis di babak kedua dalam tiga pertandingan, 22-20, 20-22 dan 15-21, dari pemain China, Dong Tian Yao, yang maju ke putaran kelima.

Setahun sebelumnya, Karpov kehilangan medali di Kejuaraan Junior Eropa ketika kalah di perempat final dari pemain asal Jerman, Lukas Resch, 21-18 dalam pertandingan penentuan.

Karpov tampaknya menandai pengalaman tonggak penting ini pada usia yang lebih muda dari biasanya. Berbicara tentang peluangnya memenangkan medali di Kejuaraan Eropa di masa depan, dia menunjukkan hal itu.

"Rekan satu tim saya yang lebih tua telah memenangkan Kejuaraan Eropa dan saya akan mencoba mengikuti contoh mereka membuat bulu tangkis Rusia lebih baik," katanya.

Terakhir, selain Kejuaraan Dunia dan Olimpiade, Karpov berbicara soal turnamen apa yang ingin dimenangkan olehnya di masa depan.

"Satu turnamen yang ingin saya menangkan adalah All England. Namun, impian terbesar saya adalah medali Olimpiade," tegas Karpov.

Artikel Tag: Georgij Karpov, Badminton Rusia, Badminton Eropa

452  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini