Gagal di Final Kejuaraan Asia 2019, Ini Komentar Kevin/Marcus

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 29 Apr 2019, 15:00 WIB
Gagal di Final Kejuaraan Asia 2019, Ini Komentar Kevin/Marcus

Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Pasangan ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah gagal menjuarai Kejuaraan Asia 2019 yang berlangsung Di Wuhan, China.

Dalam laga final yang berlangsung di Wuhan Sports Center Gymnasium, pada Minggu (28/4) malam waktu setempat, Kevin/Marcus harus mengakui keunggulan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan dua game 18-21 dan 3-21 hanya dalam tempo 35 menit.

Sejatinya Kevin/Marcus mampu mengawali laga dengan baik saat memimpin di interval dengan 11-10. Namun performa yang mengendur ditambah rapatnya pertahanan Hiroyuki/Watanabe membuat Kevin/Marcus banyak melakukan kesalahan sendiri yang berakibat poin bagi pasangan Jepang. Dan puncaknya, Hiroyuki/Watanabe kian tak terbendung mengurung habis pertahanan Kevin/Marcus di game kedua yang tak mampu berbuat banyak hingga menuai kekalahan dengan skor yang cukup telak.

Diakui Marcus, fisik yang terkuras di babak sebelumnya memang mempengaruhi penampilan mereka. Terlebih Hiroyuki/Watanabe adalah pemain muda yang tampil energik dan tak mudah dimatikan.

"Di game kedua tenaga saya agak habis dan lawannya tidak mudah dimatikan. Hari ini bolanya lebih berat dari kemarin. Mungkin jadinya seperti kurang percaya diri karena tenaganya sudah terkuras banyak dari kemarin," jelas Marcus soal permainan.

"Pasangan Jepang kurang lebih sama pola mainnya, Endo/Watanabe dan (Takeshi) Kamura/(Keigo) Sonoda mirip-mirip juga permainannya. Tapi hari ini Endo/Watanabe lebih siap dari kami. Mereka lebih nggak gampang mati," ujar Kevin.

Dalam perjalanannya hingga sampai ke final, Kevin/Marcus memang menjalani pertandingan dengan cukup ketat sedari babak pertama.

Setelah di babak pertama dan kedua tak mengalami kesulitan dengan mengalahkan pasangan Singapura dan Hong Kong, laga berat dijalani Kevin/Marcus saat mengalahkan musuh bebuyutannya asal China, Han Chengkai/Zhou Haodong lewat pertarungan ketat rubber game di perempat final, sebelum kemudian di semifinal menyingkirkan juara Singapore Open 2019, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda juga lewat kemenangan tiga game.

Kekalahan ini tentunya menjadi sinyal kuat bagi Kevin/Marcus untuk segera berbenah. Apalagi ini adalah kegagalan turnamen keempat mereka secara beruntun yang mereka lakoni sejauh ini, yakni berturut-turut kalah di babak pertama All England Open, babak perempat final Malaysia Open, babak semifinal Singapore Open dan terakhir di final Kejuaraan Asia 2019.

Artikel Tag: Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Kejuaraan Asia 2019

4172  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini