Bintang All England Ini Mengaku Hadapi Pandemi Dengan Santai, Namun Tetap Waspada

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 15 Mei 2020, 20:00 WIB
Bintang All England Ini Mengaku Hadapi Pandemi Dengan Santai, Namun Tetap Waspada

Tai Tzu Ying/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Bulan Maret kami melihat Tai Tzu Ying merebut kembali kejuaraan bergengsi All England Open dan membalikkan keadaan atas musuh bebuyutannya, Chen Yu Fei setelah tiga kekalahan beruntun di final. Namun, segera setelah itu, pandemi coronavirus memaksa suspensi turnamen internasional. Tzu Ying sekarang memiliki waktu untuk hiburan yang sebelumnya tidak bisa dia lakukan.

“Saya sudah menonton film dan membuat puzzle. Saat ini saya sedang mengerjakan puzzle 4000-piece. Belum selesai, saya hampir selesai. Saya hanya melakukannya ketika saya bebas, di luar pelatihan dan istirahat. Saya biasanya mengerjakan puzzle pada akhir pekan. Saya mulai sekitar dua atau tiga minggu yang lalu,” kata juara All England itu.

Tzu Ying, yang sebelumnya berencana pensiun setelah Tokyo 2020 (sebelumnya dijadwalkan untuk Juli-Agustus tahun ini), mengatakan ia akan memainkan seluruh musim 2021 sebelum memutuskan masa depannya.

“Saya akan bermain sampai akhir musim depan sebelum membuat keputusan. Rencana saya saat ini adalah menyelesaikan musim depan,” kata bintang Taiwan.

“Saya mengambil waktu ini untuk mendapatkan istirahat yang tepat karena jadwal kompetisi sangat ketat. Sekarang sebenarnya adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk Olimpiade," ungkapnya.

Sementara pelatihannya dalam kondisi yang lebih santai, Tzu Ying masih menghabiskan waktu untuk kebugarannya secara keseluruhan.

“Sekarang relatif lebih santai karena saya tidak punya jadwal kompetisi yang padat. Jadi saya bisa lebih menekankan pada pelatihan di luar pelatihan raket. Karena itu, waktu pelatihan saya di lapangan tidak terlalu lama," katanya.

“Misalnya, kelincahan, pelatihan intensitas tinggi, dan kami memainkan permainan lain seperti sepakbola pantai. Saya sangat menyukai sesi ini karena sebelumnya saya tidak pernah punya waktu untuk melakukan hal-hal ini."

"Intensitas latihan sekarang tidak terlalu berat sehingga kemungkinan cedera lebih rendah. Ini lebih tentang menjaga bentuk fisik saya dengan pelatihan yang konsisten,” Tzu Ying menjelaskan.

Jadwal latihan Tzu Ying dimulai lebih awal, dia mulai pukul 7 untuk sesi 8.30 pagi. Sesi berlangsung hingga jam 11:00 Setelah makan siang dan istirahat, ia melanjutkan pelatihan pada pukul 14:00. Sesi siang berakhir sekitar pukul 5 atau 6.

Tzu Ying mengakui bahwa mengingat kurangnya kompetisi internasional, dia khawatir akan kaku ketika dia akhirnya kembali ke turnamen.

“Saya akan mengatakan sedikit (khawatir). Sudah lama sejak saya keluar dari kompetisi untuk waktu yang lama. Saya juga sedikit khawatir bahwa saya mungkin akan kesulitan memasuki suasana kompetisi ketika saya mulai bermain lagi. Saya mungkin harus memainkan beberapa pertandingan simulasi yang akan membantu saya kembali ke suasana hati kompetisi," tambahnya.

Ada pesan untuk penggemar?

“Tanpa kompetisi apa pun, ada sedikit paparan media. Saya harap semua orang tidak akan melupakan saya," harap pemain nomor 1 dunia itu.

Artikel Tag: Tai Tzu Ying, Chen Yufei, BWF, Pandemi Covid-19, olimpiade tokyo 2020

509  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini