Naoya Inoue dan Luis Nery Setuju Bertarung Untuk Perebutan Gelar di Tokyo

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 10 Jan 2024, 08:54 WIB
Naoya Inoue (kanan) dan Luis Nery. (Foto: Ring TV)

Naoya Inoue (kanan) dan Luis Nery. (Foto: Ring TV)

Ligaolahraga.com -

Naoya Inoue dan Luis Nery telah sepakat untuk melangsungkan pertarungan pada bulan Mei mendatang di Tokyo untuk merebut gelar juara kelas bulu junior sejati milik Inoue, sumber memberitahu ESPN pada Senin (8/1) malam.

Naoya Inoue (26-0, 23 KO) meraih penghargaan Fighter of the Year ESPN ketika ia mengalahkan Marlon Tapales pada ronde ke-10 bulan lalu untuk menjadi juara sejati.

Kemenangan bintang Jepang itu menyusul kemenangan TKO ronde ke-8 atas Stephen Fulton pada bulan Juli, di mana Inoue merebut dua gelar dalam debutnya di kelas 122 pound. Inoue, 30 tahun, menempati peringkat kedua pound-for-pound di dunia menurut ESPN.

Luis Nery (34-1, 26 KO) mendapat hukuman larangan tak tentu dari Komisi Tinju Jepang pada Maret 2018, tetapi pejabat yang terlibat diyakinkan bahwa petinju Meksiko itu akan dipulihkan, kata sumber.

Larangan itu diberlakukan setelah kemenangan beruntun Nery atas juara Jepang Shinsuke Yamanaka.

Luis Nery meraih kemenangan TKO di ronde ke-4 atas Yamanaka untuk merebut gelar kelas bantam WBC pada Agustus 2017, tetapi dihukum larangan setelah zilpaterol, zat terlarang, ditemukan dalam sistem tubuhnya.

Nery berpendapat bahwa temuan yang merugikan itu disebabkan oleh daging yang terkontaminasi yang dikonsumsinya di Meksiko. Pada pertandingan ulang pada Maret 2018, Nery menghentikan Yamanaka pada ronde ke-2, tetapi melakukannya setelah beratnya mencapai 121 pound untuk pertarungan gelar 118 pound. Kedua pelanggaran itu mengakibatkan larangan.

Namun, Nery mendapatkan kesempatan melawan Inoue, yang biasanya bertarung di Jepang, ketika ia mengalahkan Azat Hovhannisyan pada ronde ke-11 dengan KO pada bulan Februari. Eliminator gelar WBC tersebut dinobatkan sebagai runner-up Fight of the Year oleh ESPN.

Luis Nery, 29 tahun, telah memenangkan empat pertandingan berturut-turut sejak kekalahan profesional tunggalnya, yaitu TKO ronde ke-7 melawan Brandon Figueroa dalam pertarungan gelar pada Mei 2021. Nery menempati peringkat ketiga oleh ESPN di kelas 122 pound.

Melawan Naoya Inoue, Nery menghadapi peluang besar untuk menjadi juara kelas bulu junior untuk kedua kalinya. "The Monster" adalah bakat generasi yang bertarung di puncak kemampuannya.

Kemenangan tak terbantah Inoue atas Tapales adalah yang kedua dalam dua kelas berat berbeda dalam setahun terakhir. Inoue menghentikan Paul Butler pada ronde ke-11 pada pertemuan Desember 2022 mereka untuk menjadi juara sejati di kelas 118 pound.

Naoya Inoue juga menjadi juara di kelas 108 dan 115 pound.

Artikel Tag: naoya inoue, Luis Nery

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/naoya-inoue-dan-luis-nery-setuju-bertarung-untuk-perebutan-gelar-di-tokyo
732  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini