Manny Pacquiao Dilaporkan Ingin Ikut Olimpiade 2024, Begini Syaratnya

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 05 Sep 2023, 09:53 WIB
Manny Pacquiao berniat tampil di Olimpiade 2024 demi memberikan emas tinju pertama bagi negaranya. (Foto: Guardian)

Manny Pacquiao berniat tampil di Olimpiade 2024 demi memberikan emas tinju pertama bagi negaranya. (Foto: Guardian)

Ligaolahraga.com -

Manny Pacquiao dilaporkan berniat untuk keluar dari masa pensiunnya untuk bertanding di Olimpiade 2024 di Paris.

Petinju berusia 44 tahun tersebut memutuskan untuk mengakhiri karier profesionalnya setelah 72 pertarungan setelah ditaklukkan oleh Yordenis Ugas pada 2021, Meski begitu, tetapi Pacquiao tetap aktif.

Pacquiao kembali naik ring pada bulan Desember lalu untuk menghadapi bintang YouTube asal Korea Selatan, DK Yoo, dalam sebuah pertandingan eksibisi, dan menang angka mutlak dalam enam ronde.

Menurut laporan dari talkSPORT, Presiden Komite Olimpiade Filipina Abraham Tolentino mengonfirmasi bahwa Manny Pacquiao sedang menjajaki kemungkinan untuk kembali bertarung di Olimpiade tahun depan.

"Kubu Senator Pacquiao telah menghubungi dan mengatakan bahwa idola kita dari Filipina ingin bertarung di Paris," ujar Tolentino dalam sebuah pernyataan.

Secara historis, para petinju dilarang bertanding di ajang Olimpiade setelah menjadi petinju profesional.

Namun, sejak Olimpiade 2016 di Rio, asosiasi tinju internasional IBA melakukan sejumlah reformasi termasuk membatalkan keputusan yang melarang petinju profesional bertanding di pesta olahraga itu, dan tidak lagi mewajibkan petinju pria mengenakan pelindung kepala selama pertandingan.

Meskipun kemudian menikmati salah satu karier paling menonjol dalam sejarah tinju, Manny Pacquiao beralih menjadi profesional sebelum menikmati kesuksesan besar di luar negara asalnya sebagai petinju amatir.

Bertekad menggunakan kemampuannya yang sedang berkembang saat itu untuk menghasilkan uang bagi keluarganya, Pacquiao melakukan debut profesionalnya hanya lima pekan setelah ulang tahunnya yang ke-16 pada 1995.

Meskipun ia tidak dapat bertanding di Olimpiade pada masa mudanya, Manny Pacquiao masih dapat menjadi salah satu dari 124 atlet putra di tujuh kelas yang akan bertanding di kompetisi musim panas mendatang.

Untuk melakukannya, ia harus bertanding di turnamen kualifikasi pada awal 2024, meskipun sebagai alternatif, ia bisa mendapatkan salah satu dari empat tiket Universal yang tersedia.

Meskipun memiliki banyak petinju yang sukses di level profesional, Filipina belum pernah sekali pun meraih medali emas Olimpiade dalam cabang olahraga tinju, dengan Carlo Paalam dan Nesthy Petecio yang baru-baru ini memenangkan medali perak di Tokyo.

Negara ini hanya pernah menggondol satu medali emas dari seluruh cabang olahraga, dengan atlet angkat besi putri di kelas 55 kg Hidilyn Diaz mencetak rekor Olimpiade dengan penampilannya di Olimpiade 2020.

Artikel Tag: Manny Pacquiao

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/manny-pacquiao-dilaporkan-ingin-ikut-olimpiade-2024-begini-syaratnya
757  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini