Kazuto Ioka Akan Pertahankan Gelar Versus Josber Perez pada 31 Desember

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 29 Nov 2023, 03:25 WIB
Kazuto Ioka (kiri) mendaratkan pukulan kiri ke wajah Joshua Franco. (Foto: RingTV)

Kazuto Ioka (kiri) mendaratkan pukulan kiri ke wajah Joshua Franco. (Foto: RingTV)

Ligaolahraga.com -

Kazuto Ioka akan mempertahankan sabuk gelar juara dunia kelas bantam junior WBA pada hari terakhir tahun 2023. Ia akan menghadapi Josber Perez pada 31 Desember, demikian diumumkan secara resmi pada hari Senin (27/11).

Pertarungan yang dijadwalkan 12 ronde itu akan berlangsung di Ota-City General Gymnasium di kota kelahiran Kazuto Ioka, yakni Tokyo, Jepang. Pertarungan ini juga akan menjadi partai utama dalam kartu pertandingan yang akan disiarkan secara langsung di ABEMA-TV.

Kazuto Ioka yang berusia 34 tahun (30-2-1, 15 KO) saat ini berada di peringkat pertama dalam daftar penantang menurut The Ring.

Ioka akan mempertahankan gelar WBA yang ia raih pada 24 Juni lalu, dengan mengalahkan Joshua Franco melalui keputusan angka mutlak. Franco dilucuti dari sabuknya setelah gagal menimbang berat badannya sehari sebelumnya, dengan berat badannya lebih dari enam pound di atas batas 115 pound.

Kemenangan Kazuto Ioka atas Franco terjadi setelah hasil seri melalui keputusan mayoritas melawan Franco pada 31 Desember tahun lalu, yang menurut beberapa media, Franco sudah melakukan hal yang cukup untuk menang.

Ioka tak terkalahkan dalam delapan laga terakhirnya. Kekalahan terakhirnya adalah melalui keputusan split-decision dari Donnie Nietes pada Desember 2018, saat perebutan gelar juara dunia kelas bantam junior WBO yang lowong. Sejak kekalahan tersebut, Ioka mampu membalas kekalahan dari Nietes, dan mengalahkan Jeyvier Cintron, Kosei Tanaka, dan Francisco Rodriguez Jr.

Tanaka dan Rodriguez saat ini berada di peringkat 5 dan 7 versi The Ring.

Ioka juga pernah memenangkan sabuk gelar juara dunia di kelas 108 dan 112 pound.

Perez (20-3, 18 KO), yang tinggal di Los Teques, Venezuela, terakhir kali bertarung pada 15 September lalu, dengan memukul KO Jose Farfan pada ronde kedua.

Petinju berusia 28 tahun ini telah memenangkan tiga pertarungan terakhirnya, semuanya melalui KO, sejak kalah angka mutlak dari pemegang gelar juara dunia kelas terbang IBF, Artem Dalakian, pada Februari 2020.

Juga dalam kartu pertandingan ini, penantang kelas bantam Daigo Higa (20-2-1, 18 KO) akan bertarung melawan Navapon Khaikanha dari Thailand dalam sebuah laga 10 ronde.

Higa, yang juga tinggal di Tokyo, saat ini berada di peringkat 10 dunia versi The Ring dengan berat badan 118 pound.

Petinju berusia 28 tahun ini memukul KO Sirichai Thaiyen di ronde keempat pada 24 Juni lalu. Higa telah memenangkan tiga pertandingan terakhirnya sejak kalah angka mutlak dari Ryosuke Nishida yang tak terkalahkan pada April 2021.

Khaikanha (58-3-1, 48 KO) dihentikan oleh Vincent Astrolabio pada ronde ke-11 dalam pertarungan terakhirnya pada 26 Agustus lalu, dalam laga perebutan gelar juara dunia kelas bantam WBC.

Artikel Tag: Kazuto Ioka

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/kazuto-ioka-akan-pertahankan-gelar-versus-josber-perez-pada-31-desember
234  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini