Jaime Munguia Hentikan John Ryder Di Ronde Sembilan, Segera Tantang Canelo

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 28 Jan 2024, 18:59 WIB
Jaime Munguia (kanan) menjatuhkan John Ryder empat kali sebelum menang TKO di ronde kesembilan. (Foto: Golden Boy).

Jaime Munguia (kanan) menjatuhkan John Ryder empat kali sebelum menang TKO di ronde kesembilan. (Foto: Golden Boy).

Ligaolahraga.com -

Pertarungan utama di kelas menengah super antara Jaime Munguia dan John Ryder di Footprint Center, Phoenix, AS, pada Sabtu (27/1) malam memang tidak memperebutkan sabuk juara, tetapi yang dikejar adalah kesempatan pertarungan bergengsi.

Jaime Munguia berusaha memberikan penampilan mengesankan untuk mendapatkan kesempatan melawan Canelo Alvarez, bintang terbesar dalam tinju.

Dan penampilannya memang mengesankan, menjatuhkan John Ryder empat kali, termasuk dua kali di ronde 9, di mana pertandingan berakhir ketika Munguia memberikan kerusakan lebih lanjut dan Ryder tak berdaya di tepi tali ring.

Penghentian itu terjadi setelah Jaime Munguia (43-0, 34 KO) menjatuhkan John Ryder untuk ketiga kalinya dengan pukulan kanan melingkar, lalu menyerangnya dan menjatuhkannya lagi. Ketika Ryder bangkit kembali setelah pukulan keempat, Munguia menjebaknya di tepi tali dan melanjutkan serangannya.

Seorang anggota sudut John Ryder naik ke pinggiran ring dengan handuk di tangan untuk mengakhiri pertandingan, tetapi wasit Wes Melton tidak melihatnya. Jadi, petugas memukul bel untuk membuat Melton mengakhiri pertandingan pada 1:25 ronde tersebut.

Apakah penampilan Jaime Munguia cukup mengesankan untuk mendapatkan kesempatan melawan Canelo? Salah satu ukuran: Ryder (32-7) bertarung melawan Alvarez pada Mei lalu, dan meskipun dia terjatuh satu kali, dia bertahan hingga akhir pertandingan. Jadi, empat kali menjatuhkan dan finish brutal Munguia menarik perhatian.

Setelah pertandingan, Jaime Munguia mengeluarkan ajakan penuh hormat kepada rekan sesama negaranya.

"Ini akan menjadi pertarungan hebat di antara orang Meksiko," kata Jaime Munguia, seorang pemuda 27 tahun dari Tijuana, melalui seorang penerjemah. "Dan jika Canelo memberi kami kesempatan, itu akan menjadi suatu kehormatan berada di ring yang sama dengannya."

Pada awal pertandingan hari Sabtu, terlihat seperti Munguia mungkin akan mendapat pekerjaan yang singkat.

Dia menjatuhkan John Ryder dengan pukulan kanan lurus setelah satu menit berlalu di ronde kedua, dan dengan banyak waktu untuk bekerja sebelum bel berbunyi, dia berusaha habis-habisan mengakhiri pertarungan.

Namun, Ryder berhasil menghindari kerusakan lebih lanjut dalam ronde tersebut, dan dia bahkan memberikan pukulan balasan.

Munguia melontarkan pukulan kedua yang menjatuhkan Ryder pada detik-detik terakhir ronde 4, dan dia menggoyangnya pada ronde 5, tetapi Ryder terus datang dan tampaknya mengatur waktu Munguia dan mendaratkan pukulan-pukulan sendiri, terutama jab tajam yang mendarat beberapa kali di ronde terbaiknya, yaitu ronde 6.

Namun, Munguia tetap menjadi penyerang. Berbeda dengan masa lalunya yang sembrono, dia menunjukkan kesabaran dan ketenangan yang mungkin diajarkan oleh pelatih barunya, Freddie Roach.

Meskipun John Ryder tangguh, Munguia mendaratkan pukulan lebih keras sepanjang pertandingan dan secara perlahan-lahan mengalahkan pria berusia 35 tahun dari Inggris. Kemudian dia melakukan apa yang selalu dia lakukan: Dia mengakhiri pertarungan dengan brutal.

Kartu pertarungan di Footprint Center juga menyertakan dua duel perebutan gelar, yang semuanya dimenangkan oleh juara bertahan.

Oscar Collazo mempertahankan gelar juara kelas jerami WBO miliknya dengan TKO di ronde ketiga atas Reyneriz Gutierrez di co-main event. Collazo (9-0, 7 KO) menemukan tempat untuk hook kiri sejak awal, dan petinju Puerto Rico berusia 27 tahun itu menyelesaikan pekerjaan dengan kombinasi agresi dan kesabaran.

Setelah beberapa kali memukuli Gutierrez di ronde kedua, Collazo melukai lawannya dalam satu menit terakhir ronde ketiga, menjebaknya di tepi tali, lalu menjatuhkannya dengan pukulan kiri. Gutierrez (10-2) bangkit dari hitungan tetapi langsung terjebak di tepi tali lagi, dan dengan Collazo melepaskan serangan bertubi-tubi, wasit melompat masuk untuk menghentikan pertarungan pada 2:37 ronde tersebut.

Sebelumnya, juara kelas terbang wanita IBF, Gabriela Fundora, tetap tak terkalahkan dan memberikan kekalahan pertama kepada Christina Cruz, mencetak kemenangan TKO di ronde ke-10 dalam pertahanan gelar pertamanya.

Tidak mudah bagi Fundora (13-0, 6 KO), karena Cruz menggunakan gerakan ke kiri dan ke kanan untuk menjaga juara berusia 21 tahun asal Coachella, California. Namun, pada pertengahan pertarungan, serangan ke tubuh melambatkan Cruz, 41 tahun dari New York City, dan Fundora menguasai pertarungan.

Pertarungan berakhir pada 59 detik ronde terakhir ketika, setelah Fundora mendaratkan pukulan kanan dan kemudian kiri, Cruz (6-1) membungkuk, membelakangi, dan berjalan pergi, sementara Fundora terus menyerang. Ini memaksa wasit untuk menghentikan pertandingan. Pada saat itu, kartu skor mencatat 89-82, 90-81, dan 87-84, semuanya untuk Fundora.

Artikel Tag: Jaime Munguia, John Ryder

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/jaime-munguia-hentikan-john-ryder-di-ronde-sembilan-segera-tantang-canelo
1104  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini