Duel Versus Robson Conceicao Berakhir Seri, Emanuel Navarrete Tetap Juara

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 17 Nov 2023, 20:01 WIB
Emanuel Navarrete (kanan) mencetak knockdown pada Ronde 4 dan 7 atas Robson Conceicao, tetapi harus puas dengan hasil seri. (Foto: EPA)

Emanuel Navarrete (kanan) mencetak knockdown pada Ronde 4 dan 7 atas Robson Conceicao, tetapi harus puas dengan hasil seri. (Foto: EPA)

Ligaolahraga.com -

Emanuel Navarrete menjatuhkan Robson Conceicao dua kali, namun harus puas dengan hasil mayoritas seri dalam laga mempertahankan gelar juara kelas ringan junior WBO, Kamis (16/11) di T-Mobile Arena, Las Vegas, Nevada.

Emanuel Navarrete (38-1, 31 KO) menjatuhkan Conceicao pada ronde ke-4 dan sekali lagi pada ronde ke-7. Ia hampir saja menghentikan sang penantang pada ronde terakhir saat wasit semakin mendekat, namun Conceicao tidak pernah menyerah.

Robson Conceicao, peraih medali emas Olimpiade dari Brasil, memenangkan ronde terakhir pada ketiga kartu penilaian untuk menghindari kekalahan dalam laga penantang gelar ketiganya dan kemungkinan besar akan mendapatkan pertandingan ulang.

Salah satu juri memberikan nilai petarungan dengan berat badan 130 pound itu 114-112 untuk Navarrete, namun kemudian dikalahkan oleh dua juri lainnya yang memberi nilai 113-113.

"Saya senang bisa meraih sabuk juara," kata Emanuel Navarrete, petinju No. 1 di kelas 130 pound versi ESPN, melalui seorang penerjemah. "Kami berdua melakukan apa yang kami katakan akan kami lakukan. ... Ia adalah petarung yang luar biasa. Tekniknya berada di level berikutnya, dan itulah yang membuatnya sangat sulit.

"Jika itu tergantung pada saya, saya pasti akan memberi laga ulang kepada Robson, karena ia jelas layak mendapatkannya."

Emanuel Navarrete menjatuhkan Conceicao pada ronde keempat dengan sebuah pukulan kanan ke arah pelipisnya, lalu menjatuhkannya lagi tiga ronde kemudian dengan sebuah pukulan kanan ke arah tubuh.

Robson Conceicao (17-2-1, 8 KO) sangat senang dapat bertahan, terlepas dari perbedaan kekuatan yang ada. Ia menyarangkan jab, bergerak dan menyambungkan kombinasi, sementara Navarrete mengeroyoknya dengan serangan dari sudut yang tak biasa.

Dengan kedua matanya yang bengkak, Conceicao menyimpan kemampuan terbaiknya pada ronde terakhir saat ia bertarung sengit dengan sang juara.

"Saya rasa kami berdua layak mendapatkan laga ulang," kata Conceicao, petinju kelas ringan yunior No. 7 ESPN, melalui seorang penerjemah. "Saya membuktikan kemampuan saya. Saya memberikan banyak pujian bagi 'Vaquero' Navarrete. Ia adalah yang kuat, namun saya tahu apa yang saya lakukan malam ini. Saya layak mendapatkan kemenangan ini."

Jika bukan karena dua knockdown, Robson Conceicao, 35 tahun, mungkin akan meraih kemenangan. Namun, ia mungkin akan mendapatkan laga ulang dengan penampilan terbaik dalam kariernya.

Dua perebutan gelar pertamanya tidak terjadi di atas arena yang seimbang. Saat ia menantang Oscar Valdez pada 2021, ia melakukannya beberapa pekan setelah Valdez dinyatakan positif menggunakan zat terlarang, namun tetap diizinkan berlaga. Conceicao harus menerima kekalahan melalui keputusan kontroversial.

Satu tahun kemudian, Conceicao menantang Shakur Stevenson untuk memperebutkan gelar, namun Stevenson memiliki berat badan melebihi batas 130 pound dan meraih kemenangan.

Sementara itu, Navarrete baru saja meraih kemenangan atas Valdez pada Agustus lalu dalam laga pertahanan gelar pertamanya. Petinju berusia 28 tahun ini juga pernah memenangkan gelar di kelas 122 dan 126 pound.

Artikel Tag: Emanuel Navarrete, Robson conceicao

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/duel-versus-robson-conceicao-berakhir-seri-emanuel-navarrete-tetap-juara
564  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini