Berat Badan Jadi Perhatian Jelang Duel Tyson Fury Versus Oleksandr Usyk

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 15 Mei 2024, 11:37 WIB
Tyson Fury terlihat lebih kurus jelang pertarungannya melawan Oleksandr Usyk. (Foto: Top Rank)

Tyson Fury terlihat lebih kurus jelang pertarungannya melawan Oleksandr Usyk. (Foto: Top Rank)

Ligaolahraga.com -

Pertanyaan mengenai berat badan telah lama menjadi perhatian para penggemar tinju menjelang perebutan gelar juara dunia kelas berat sejati antara Oleksandr Usyk (21-0, 14 KO) dan Tyson Fury (34-0-1, 24 KO) di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (18/5) malam.

Mantan juara kelas jelajah sejati Oleksandr Usyk, yang akan mempertaruhkan gelar WBA, WBO, IBF dan Ring Magazine melawan sabuk WBC milik Fury, telah berhasil mempertahankan berat badannya dengan baik di angka 221 pound dalam tiga pertarungan terakhirnya di kelas berat badan terbuka. Harapannya adalah ia akan melakukan hal yang sama untuk laga ini.

Fury adalah hal yang berbeda. Petinju Inggris berusia 35 tahun ini memiliki berat badan yang ringan, yaitu 254 pound untuk pertarungannya melawan Otto Wallin lima tahun lalu, dan 277 pound untuk pertarungan trilogi melawan Deontay Wilder serta pertarungan terakhirnya melawan mantan juara UFC, Francis Ngannou.

Akankah Tyson Fury yang berpostur 6 kak 9 inci mencoba memangkas berat badannya untuk menandingi kegesitan atlet kidal Ukraina berusia 37 tahun itu, atau akankah ia berusaha mencapai skala yang lebih tinggi dan menggunakan kelebihan berat badannya untuk menggertak Usyk yang berpostur 6,3 meter di dalam ring?

Promotor Oleksandr Usyk, Alex Krassyuk, mengomentari berat badan Fury saat kedatangan mereka hari ini, dengan mengatakan: "Ia terlihat kurus, siapa yang menjadi juara kelas menengah sekarang? Itu karena dia gugup, saat Anda gugup, Anda akan kehilangan berat badan atau menambah berat badan, seperti ayahnya."

Oleksandr Usyk menambahkan: "Ia terlihat sedikit lebih kecil, sedikit kurus."

Namun Tyson Fury menertawakan pembicaraan tentang berat badannya, bersikeras bahwa ia memiliki berat badan yang langsing dan siap, sekitar berat yang sama dengan berat badannya saat ia menang KO atas Dillian Whyte dan Derek Chisora pada tahun 2022.

"Saya akan memberi tahu Anda berat badan saya, sekitar 19 kilogram," katanya. "Saya berharap saya lebih berat [240/250lb], namun saya berada di sekitar 19 stone. Saya berada dalam kondisi yang baik, saya menjalani dua atau tiga kamp secara beruntun. Orang-orang mengatakan kepada saya sepanjang waktu 'Anda terlihat kurus' tetapi berat badan saya sama persis dengan timbangan yang saya gunakan selama 10 tahun terakhir."

Tyson Fury menambahkan bahwa ia dapat melihat pertarungan ini hanya akan berakhir dengan satu cara, dan menyamakan dirinya dengan pegulat raksasa The Undertaker.

"Saya memprediksi seseorang harus mengalah," katanya. "Angka 0 seseorang harus jatuh dan itu akan menjadi tim di sana yang akan sangat disayangkan.

"Usyk adalah petarung yang hebat, peraih medali emas Olimpiade, juara dunia kelas penjelajah dan kelas berat. Sayangnya baginya, ia harus menghadapi Tyson Fury yang hebat di era saya.

"Saya sangat menantikan hari Sabtu malam nanti. Bahkan jika dia memiliki 20 juta orang yang meneriakkan namanya, mereka tidak dapat bertarung untuknya pada malam itu.

"Ketika ada dua pria di sana pada malam itu, itu akan menakutkan ketika ia memiliki The Undertaker di dalam ring bersamanya. Saya datang untukmu, pengisap, sosis."

Sementara itu, Oleksandr Usyk tetap yakin bahwa ia akan menjadi pria yang akan mengangkat tangannya di akhir laga.

"Saya memiliki rencana. Itu adalah rencana yang hebat. Itu rahasia," katanya, menambahkan: "Para penggemar saya di Ukraina dan semua penggemar saya, saya sangat menghargai dukungan dari para penggemar dan tentara Ukraina. Saya mencintai para penggemar saya. Terima kasih banyak."

Artikel Tag: Tyson Fury, oleksandr usyk

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/berat-badan-jadi-perhatian-jelang-duel-tyson-fury-versus-oleksandr-usyk
373  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini