Wasit Ini Cetak Sejarah Di Final Wimbledon Nomor Tunggal Putra Musim 2021

Penulis: Dian Megane
Minggu 11 Jul 2021, 21:27 WIB
Wasit ini akan pimpin final Wimbledon nomor tunggal putra 2021

Marija Cicak bertugas menjadi wasit final Wimbledon nomor tunggal putra musim 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Televisi, laptop, dan telepon genggam di sepanjang negara Balkan, akan dipenuhi foto Novak Djokovic yang akan berusaha mencetak sejarah di Wimbledon musim 2021.

Akan tetapi di ibukota Kroasia, Zagreb, akan ada lebih banyak orang yang menyaksikan Grand Slam di London musim ini karena wanita yang akan duduk di kursi dan bertugas menjadi wasit pada pertandingan antara Djokovic dan petenis berkebangsaan Italia, Matteo Berrettini adalah Marija Cicak.

All England Club (AELTC) sebagai penyelenggara Grand Slam di London telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan melakukan gebrakan dengan menempatkan wasit wanita di final nomor tunggal putra untuk kali pertama.

Cicak telah membuktikan diri bahwa ia mampu memimpin pertandingan besar di Wimbledon ketika Petra Kvitova mengalahkan Eugenie Bouchard untuk memenangkan gelar nomor tunggal putri pada musim 2014 dan ia juga menjadi wasit di final nomor ganda putri pada musim 2017.

Musim ini untuk kali ke-15 secara beruntun, Cicak menjadi wasit di Grand Slam tersebut dan final Olimpiade nomor tunggal putri juga telah membukukan namanya.

Menjadi salah satu wasit elit di turnamen WTA sejak musim 2012, Cicak tumbuh besar di Kroasia dengan memainkan sejumlah olahraga, dari karate, bola tangan, renang, dan akhirnya tertarik dengan tenis berkat saran dari pamannya.

Ia mulai melakoni turnamen ketika menginjak usia 12 tahun, tetapi timbul kekurangan wasit terlatih dan hakim garis di negaranya, sehingga ia mendapatkan kualifikasi wasit pertamanya ketika ia baru saja menginjak usia 15 tahun.

Cicak memilih menyerah untuk bermain tenis di level turnamen manapun tiga musim kemudian dan memutuskan untuk kuliah.

“Saya memutuskan untuk berhenti karena di sini (Kroasia), tidak mudah untuk mengejar karier di dunia olahraga dan tetap kuliah di waktu yang sama,” ungkap Cicak dalam sebuah wawancara pada musim panas tahun lalu.

“Di AS, sistemnya berbeda dan sejujurnya, saya hanya ingin fokus dengan hal lain daripada bermain tenis. Saya hanya ingin sekolah dan menikmati memimpin sebuah pertandingan.”

Keputusan tersebut terbayar dengan baik. Cicak akhirnya memimpin pertandingan di ajang ITF Futures dan menjadi hakim garis di turnamen dengan level yang lebih tinggi. Menginjak usia 33 tahun, ia mulai menjadi wasit elit di turnamen WTA. Hanya dua musim setelah itu ia memimpin final Wimbledon pertamanya dan diikuti dengan final US Open nomor tunggal putri musim 2015.

Artikel Tag: Tenis, wimbledon, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/wasit-ini-cetak-sejarah-di-final-wimbledon-nomor-tunggal-putra-musim-2021
575  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini